DetikNews
Rabu 26 Jun 2013, 23:09 WIB

Renovasi Masjidil Haram Diperkirakan Selesai 2016

- detikNews
Renovasi Masjidil Haram Diperkirakan Selesai 2016 Gondo Radityo Gambiro (Foto: Hestiana/detikcom)
Jakarta - Pemotongan kuota haji sebesar 20 persen diperkirakan masih berlaku untuk 3 tahun ke depan. Hal itu lantaran renovasi Masjidil Haram baru kelar tahun 2016.

\\\"Jadi akhir 2016 selesai, tahun depan jamaah tetap 160 ribu selama 3 tahun,\\\" kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR Gondo Radityo Gambiro.

Hal ini disampaikan Gondo usai acara pembekalan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji di Asrama Haji, Pondok Gede, Rabu (26\/6\/2013).

Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan apabila renovasi tersebut selesai maka pemerintah berharap kuota haji bisa mencapai 200 persen.

\\\"Dua menteri Arab Saudi akan menutupi pemotongan kuota 20 persen per tahun dan permintaan 200 persen dipertimbangkan,\\\" ujar Gondo yang terbalut baju koko warna putih ini.

Menurut dia, pemerintah Arab Saudi hanya akan menarik uang kepada jamaah yang hadir. \\\"Kalau jamaah yang tidak dapat naik haji maka uangnya tidak dikembalikan dan bisa digunakan tahun depan,\\\" kata dia.

Ia menggambarkan jika renovasi selesai Masjidil Haram mampu menampung 105 ribu jamaah per jam.

\\\"Jadi 2 kali lipat ditambah ada masjid baru yang dibangun Raja Abdullah yang menyambung ke Masjidil Haram seluas 1 hektar,\\\" kata Gondo.

Gondo berharap jamaah yang menunaikan ibadah haji agar disiplin waktu dan disiplin diri mengingat lokasi tawaf yang padat dan hanya terkonsentrasi di lantai 1 Masjidil Haram.

Kemenag, lanjut dia, juga mendirikan pos-pos agar jamaah haji mudah melihat posko apabila tersesat.

\\\"Ini semua demi keselamatan jamaah,\\\" kata dia.


(aan/fdn)
-
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed