DetikNews
Rabu 19 Jun 2013, 07:57 WIB

Ini Rangkaian Acara HUT DKI ke-486

- detikNews
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta siap menghibur warga Ibu Kota di hari ulang tahunnya. Ada apa saja di perayaan ke 486 ini?

\\\"Kita ada 15 kegiatan untuk puncak ulang tahun nanti,\\\" kata Ketua Panitia Sylviana Murni di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (18\/6\/2013)

Kegiatan ini tersebar di beberapa titik dari kawasan Monas hingga jalan Sudirman. Rangkaian acara ditanggal 22 Juni 2013 dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan apel upacara spesial HUT DKI di Plaza Selatan Monas.

Upacara ini akan dipimpin langsung Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan dihadiri oleh seluruh jajaran SKPD Pemprov DKI serta anggota DPRD Jakarta.

Para peserta upacara pun harus menggunakan pakaian khas betawi yakni jas ujung serong untuk lelaki dan kebaya encim bagi perempuan.

Usai upacara, akan dilaksanakan rapat paripurna istimewa DPRD Jakarta di gedung DPRD Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Diagendakan rapat dimulai pukul 09.30 WIB dan rencananya akan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi.

Di bilangan Monas, terdapat beberapa acara yakni acara Monorail Exbition yang memajang replika monorail di sisi Timur Silang Tenggara Monas pada pukul 16.00 WIB.

Bagi anda pecinta teknologi, di lapangan IRTI Monas ada Jakfox 2013 yang akan berlangsung dari tanggal 22 hingga 23 Juni 2013. Berbagai workshop, lomba dan pameran disediakan panitia.

Pada pukul 19.30 WIB, malam puncak HUT Jakarta akan dibuka dengan pemotongan tumpeng di Balai Kota Jakarta. Sebanyak 486 tumpeng berukuran normal serta sebuah tumpeng raksasa berukuran 4,86m x 4,86 m akan diarak dari Balaikota menuju bundaran HI.

\\\"Pak Jokowi akan naik ke tumpeng raksasa ini dan melakukan pemotongan tumpeng diatas,\\\" jelas Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov DKI ini.

Nantinya arak-arakan tumpeng ini akan dibagikan kepada warga DKI yang menonton acara ini. Panitia sudah menyiapkan alat makan plastik agar masyarakat yang datang bisa menikmatinya.

Selama arakan-arakan berlangsung, Transcorp akan menghibur masyarakat di sisi silang tenggara Monas yang berdekatan lokasinya dengan stasiun Gambir.

Acara ini akan dimulai pukul 20.00 WIB, mengangkat tema \\\"Karnaval Budaya Kota Jakarta Tempo Dulu, Masa Kini dan Masa Depan\\\", acara ini akan dimeriahkan artis-artis ibukota dan akan menampilkan karnaval musik dan budaya khas betawi.

Semakin larut, acara justru makin meriah. Malam Muda Mudi atau Jakarta Nite Festival justru baru saja dimulai disepanjang jalan MH.Thamrin sampai di Bundaran HI.

8 panggung musik akan menghibur warga Jakarta dengan berbagai jenis musik, dari tradisional, dangdut, disko, campur sari, blues, jazz hingga rock and roll.

Diperkirakan ribuan masyarakat akan turut menikmati sajian hiburan layaknya acara car free night pada malam tahun baru 2013.

\\\"Pokoknya sasarannya ya muda mudi, ya masyarakat yang mau datang silakan saja,\\\" ajak mantan Wali Kota Jakarta Pusat ini.

Penutupan jalan akan dilakukan secara bertahap mulai pukul 16.00. Namun penutupan total akan berlaku pada pukul 18.00. Pengalihan busway koridor I akan dijalankan sekitar pukul 19.00 WIB. Ribuan aparat dari Satpol PP, kepolisian serta TNI akan disebar untuk pengamanan selama acara berlangsung

Apakah hanya selesai ditanggal 22 Juni saja?

Keesokan harinya, Minggu, 23 Juni akan digelar lomba lari \\\'Jakarta Internasional 10\\\'K\\\' yang akan diikuti ribuan peserta. Mulai dari warga hingga atlit nasional dan atlet dari negara Sister City akan ikut serta dalam ajang ini.

\\\"Rutenya dari silang monas, MH Thamrin lanjut ke Sudirman lalu akan mutar di terowongan Semanggi dan finish di silang barat daya Monas,\\\" terang Sylviana.

Tidak berhenti sampai disitu, rangkaian HUT DKI masih berlanjut di tanggal 28 sampai tanggal 30 Juni. Drama tari Ariah akan digelar selama 3 hari berturut-turut di area selatan Monas Jakarta.

\\\"Drama musikal ini menceritakan tentang perjuangan wanita betawi untuk mempertahankan martabat dan kehormatannya,\\\" ucap Sylvi.

Terakhir namun yang paling unik parade Jakarnaval yang akan dilaksanakan pada hari Minggu sore dengan mengusung konsep \\\'Keajaiban Ondel-Ondel\\\'.

Ratusan siswa se Jakarta akan berparade memamerkan hasil transformasi ondel-ondel versi mereka. Acara Jakarnaval ini juga mengundang sejumlah daerah yang juga telah beberapa kali melakukan karnaval berskala nasional seperti Magelang, Kutai, Jember, Solo dan Subang. Rencananya, Jokowi pun akan ikut berparade dengan menunggangi kuda.

\\\"Ya masa Rio bisa bikin sebuah karnaval yang terkenal, Pasadena bisa buat karnaval yang terkenal, Jakarta lebih dari bisa. Ini dari bawah, kreatifitas anak-anak mudanya sudah lebih baik, dan mereka ini buat sndiri loh,\\\" terang Jokowi.

Kita tunggu saja kejutan kemeriahan HUT DKI Jakarta ke 486 ini.



(fdn/fdn)
Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV
Komentar ...
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed