DetikNews
Follow detikcom Like Follow
Selasa 11 Jun 2013, 17:27 WIB

Polisi dan Penculik 9 Orang Baku Tembak Saat Penyergapan di Cisarua

- detikNews
Jakarta - Sempat terjadi baku tembak saat penyergapan komplotan penculik di sebuah vila di Cisarua, Bogor. Saat itu petugas berupaya membebaskan 9 orang korban penculikan yang disekap di vila tersebut.

Para tersangka disergap aparat Polres Bekasi Kabupaten di Villa Gelatik di Jalan Gandamanah RT 03\/ RW 12, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu 8 Juni 2013.

\\\"Kita sempat baku tembak dengan pelaku, karena pelaku membawa senjata,\\\" kata Kasat Reskrim Polres Bekasi Kabupaten Kompol Dedy Murti kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (11\/6\/2013).

Seorang korban bernama Ende, juga menuturkan bahwa para tersangka sempat mengeluarkan tembakan saat menculik korban bernama Khotib. Khotib adalah mantan bos Ende saat bekerja di sebuah koperasi di kawasan Jakasampurna, Bekasi.

\\\"Mereka mengaku polisi saat menjemput Khotib dan melepaskan tembakan ke udara,\\\" kata Ende.

Ende mengatakan, pistol yang digunakan para pelaku ini sejenis revolver. \\\"Cuma larasnya pendek,\\\" kata Ende.

Para tersangka menculik Ende dan 8 korban lainnya di lokasi yang berbeda-beda dalam kurun waktu dari tanggal 3-6 Juni 2013. Para tersangka diotaki oleh Julkarnaen yang merupakan pengusaha rental mobil.

Modus para tersangka adalah menuding korban bekerjasama dengan seorang perempuan bernama Pipit. Para korban dituding sebagai penadah lantaran menerima mobil yang dirental Pipit untuk kemudian digadaikan kepada para korban.

\\\"Mereka mencari orang bernama Pipit, namun tidak ketemu. Akhirnya para korban diculik dan disekap lalu diminta tebusan bila ingin dibebaskan,\\\" ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto.

Para tersangka dijerat pasal 328 KUHP tentang penculikan dan 333 KUHP tentang merampas kemerdakaan orang dan 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan.

Enam tersangka yakni Pius Agung, Rico Saputra, Deni Irawan, Edi Riyanto alias Eet, Taufik Hidayat dan Putra Hanjaya berhasil ditangkap. Sementara 8 tersangka lainnya yakni Julkarnaen, Aan, Evan, Bilit, delfi, Ajis, Sahrudi dan Ando masih buron.



(mei/nal)
Komentar ...
News Feed