DetikNews
Selasa 11 Jun 2013, 16:35 WIB

Jejak Politik Putra-putri Megawati

- detikNews
Jakarta - Begitu Taufiq Kiemas wafat, keluarga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi sorotan. Jejak politik anak-anak mereka pun menarik untuk diungkap.

Taufiq-Mega memiliki 2 orang putra dan seorang putri. Dua orang putra yakni Mohammad Rizki Pratama dan Muhammad Prananda Prabowo, dan seorang putri yakni Puan Maharani. Seperti apa jejak ketiganya di jagad politik nasional?

Mohammad Rizki Pratama dan Muhammad Prananda Prabowo adalah anak pertama dan kedua Mega dari suami pertama, Lettu Penerbang Surindro Suprijarso. Surindro mengalami kecelakaan pesawat yang merenggut nyawanya. Pesawat Skyvan T-701 yang dikendalikannya terempas di laut sekitar perairan pulau Biak, Irian Jaya, pada tanggal 22 Januari 1970.

Namun dua anaknya sukses mengarungi kehidupan bersama ibunya. Mohammad Rizki Pratama dikenal sebagai pengusaha sukses. Rizki selama ini dikenal sebagai simbol keluarga yang tidak terjun ke politik. Kemunculannya paling mencolok adalah saat Taufiq Kiemas meninggal dunia. Rizki menyambut jenazah Taufiq di Bandara Halim dan membacakan pidato keluarga di depan Presiden SBY pada saat pemakaman di TMP Kalibata, Minggu 9 Juni 2013.

Sedangkan adik Rizki, Muhammad Prananda Prabowo (43), memutuskan terjun ke dunia politik, mengabdi di PDI Perjuangan.

Di PDI Perjuangan, Prananda ditempatkan sebagai ketua bidang telaah materi. Di kalangan elite PDIP, Prananda dikenal sebagai \\\'man behind the door\\\'. Beberapa pidato politik Megawati dibuat oleh anak keduanya tersebut.

Sosok Nanan, sapaan akrab Prananda, tiba-tiba muncul menjelang pelaksanaan kongres III PDIP di Bali, tahun 2010 silam. Nama itu muncul karena para loyalis Megawati gerah dengan adanya isu sejumlah elite PDIP ingin membawa partai yang selama ini bersikap oposisi menjadi koalisi.

Nama Nanan muncul karena keturunan Mega yang digadang-gadang akan menjadi penerus tahta di PDIP, Puan Maharani, dianggap tidak lagi satu visi dengan Mega soal pilihan mempertahankan sikap oposisi PDIP. Karena itulah, Nanan yang selama ini sibuk dengan aktivitas mendampingi ibunya dan bergelut dengan buku-buku Bung Karno lalu dianggap sebagai solusi atas alternatif penerus Mega selain Puan.

Dibandingkan dua kakaknya, Puan Maharani (39) memang paling mapan di dunia politik. Puan adalah putri ketiga, buah cinta Mega dan Taufiq Kiemas. Taufiq Kiemas adalah suami ketiga Mega setelah pernikahan keduanya kandas. Taufiq Kiemas adalah rekan sesama aktivis di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) yang juga salah seorang penggerak Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Di PDIP Puan kini duduk di posisi cukup strategis. Sejak Kongres PDIP tahun 2010, Puan menduduki posisi Ketua DPP PDIP Bidang Politik, Puan juga dipasang sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan yang pada periode lalu dipegang Tjahjo Kumolo. Tjahjo sendiri saat ini menjabat Sekjen PDIP.

Puan mendapatkan porsi politik cukup besar. Semasa hidupnya, Taufiq Kiemas, memberikan perhatian ekstra. Taufiq disebut-sebut mempersiapkan masa depan cerah bagi karier perpolitikan Puan. Taufiq bahkan pernah mengajak langsung Puan berkunjung ke Istana Negara menemui Presiden SBY.

Namun kini Taufiq Kiemas telah meninggal dunia. Situasi internal PDIP sepeninggal Taufiq semakin menunjukkan taringnya. PDIP diyakini kembali menjadi oposisi tulen. Taufiq Kiemas selama ini dikenal sebagai tokoh yang akomodatif dan menjembatani hubungan PDIP dengan parpol lain termasuk PD yang notabene partai pemerintah.

Sepeninggalan Taufiq situasi internal PDIP juga diprediksi semakin dinamis. Karena banyak tokoh mudah potensial termasuk Joko Widodo (Jokowi) yang juga potensial nyapres. Sementara nama Puan Maharani yang sejak awal didorong oleh Taufiq untuk menambah jam terbang. Menjadi tanda tanya besar apakah putra-putri Megawati akan memimpin PDIP ke depan, ataukah kepemimpinan PDIP akan bergeser ke tangan politikus muda lain seperti Jokowi?









(van/nrl)
Ikuti informasi penting, menarik dan dekat dengan kita sepanjang hari, di program "Reportase Sore" TRANS TV, Senin sampai Jumat mulai pukul 14.30 - 15.00 WIB
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed