DetikNews
Jumat 24 May 2013, 18:54 WIB

Konvoi Kelulusan UN di Semarang Dirazia, Siswa Ditahan di Taman Bermain

- detikNews
Semarang - Aksi konvoi kelulusan pelajar SMA\/SMK di Semarang ditertibkan polisi. Mereka sempat dikurung di halaman parkir sebuah taman bermain di Jalan Sriwijaya.

Salah satu siswa SMAN 11 Semarang, Ferdian mengatakan, sekitar pukul 15.00 ia beserta teman-temannya dan siswa sekolah lain berkumpul di halaman parkir tersebut untuk beristirahat setelah berkeliling Semarang. Tiba-tiba petugas kepolisian datang dan menutup pagar halaman parkir sehingga mereka terkurung di dalam.

\\\"Tadi kami cuma nongkrong, tiba-tiba pagarnya ditutup,\\\" kata Ferdian di Jl Sriwijaya, Semarang, Jumat (24\/5\/2013).

Setelah itu, polisi berjaga di luar gerbang dan menyuruh rombongan konvoi siswa yang melintas untuk masuk juga ke halaman parkir. Siswa lain, Anggada menambahkan dia dan teman-temannya dikurung sekitar dua jam.

\\\"Tadi saya lewat terus disuruh masuk dulu sama polisi,\\\" tandas siswa SMAN 11 Semarang ini.

Lalu sekitar pukul 17.00, satu persatu siswa diperbolehkan keluar dari halaman parkir setelah diperiksa surat-surat dan kelengkapan kendaraannya. Terlihat sejumlah siswa yang tidak mengenakan helm maupun yang tidak membawa surat penting ditilang petugas.

\\\"Motor saya masih ada di dalam, tapi surat-surat saya komplit,\\\" imbuh Anggada.

\\\"Saya masih nunggu STNK, motor pinjam nih,\\\" timpal Ferdian yang terlihat bingung.

Penertiban aksi konvoi siswa tersebut memang disiapkan pihak Polrestabes Semarang. Sejumlah petugas ditempatkan di beberapa titik termasuk jalan protokol.

Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Faizal mengatakan pihaknya sejak awal berjanji untuk menindak tegas jika masih ada konvoi siswa. \\\"Meskipun sudah mengikuti aturan lalu lintas, seperti misalnya kelengkapan berkendara, kami tetap akan tindak tegas. Karena kami sudah mengirimkan surat edaran ke pihak sekolah,\\\" kata Faizal.

Diberitakan sebelumnya, aksi konvoi di Jl Pandanaran II diwarnai permainan api dengan menyembur korek api dengan cat semprot. Siswa yang berkumpul di depan SMKN 4 dan SMKN 8 juga sempat menaiki truk yang kebetulan melintas.


(alg/try)
-
Komentar ...
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed