DetikNews
Selasa 30 Apr 2013, 13:15 WIB

Kronologi Bentrok di Musi Rawas Sumsel yang Tewaskan 4 Warga

- detikNews
Jakarta - Aksi unjuk rasa menuntut pemekaran wilayah di Musi Rawas Sumatera Selatan, berakhir dengan bentrokan. Empat orang dinyatakan tewas dan enam polisi terluka. Berikut kronologi lengkap yang disampaikan Kadiv Humas Irjen Suhardi Alius.

Senin (29\/4\/2013)

Pukul 10.00 WIB
Unjukrasa diikuti lima ratusan orang dengan memblokir sebagian ruas Jalan Lintas Sumatera di Kelurahan Muara Rupit Kecamatan Rupit. Massa menuntut pemekaran wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara.

Pukul 11.00 WIB
Massa memblokir total Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dengan mendirikan tenda-tenda. Kapolres AKBP Barly Ramadani mengimbau agar massa tidak memblokir jalan namun pengunjukrasa tidak mengindahkan imbauan tersebut.

Pukul 16.00 WIB
Kapolres bersama Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Musi Rawas Utara, Sarkowi, mendatangi Redy (korlap unjukrasa). Mereka meminta agar para pengunjukrasa tidak menutup jalan Jalinsum.

\\\"Mereka meminta gubernur dan Menteri Dalam Negeri untuk mendatangi mereka,\\\" kata Suhardi.

Pukul 16.10 WIB
Redy selanjutnya memerintahkan massa untuk mempersenjatai diri dengan senjata api rakitan dan senjata tajam untuk menghadapi upaya pembubaran oleh aparat kepolisian (Dalmas).

Pukul 20.00 WIB
Pemerintah Kabupaten Musi Rawas menemui Redy untuk meminta pembubaran pengunjukrasa.

Pukul 21.00 WIB
Kapolres bersama Sarkowi meminta massa untuk membubarkan diri. \\\"Namun tidak digubris kemudian massa berteriak Sarkorwi berkhianat,\\\" jelas Suhardi.

Pukul 21.30 WIB
Ketika Kapolres berusaha menenangkan massa terjadi pelemparan batu dari arah massa pengunjukrasa ke arah petugas kepolisian yang memicu terjadinya bentrokan antara massa dengan pihak kepolisian. Terdengar suara letusan senjata api dari arah kerumunan massa kemudian dibalas oleh petugas.

Pukul 22.00
Massa semakin beringas dengan merusak dan membakar Mapolsek Muara Rupit.

30 April 2013

Pukul 01.30 WIB
Massa masih terkonsentrasi di sekitar RS Muara Rupit dan masih melakukan pemblokiran Jalan Lintas Sumatera.

Selain kerugian akibat pembakaran yang dilakukan massa terhadap Mapolsek Muara Rupit, empat kendaraan roda empat dan satu unit motor rusak dibakar massa. Enam Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob Polda Sumsel dan Jambi diterjunkan ke lokasi bentrok untuk pengamanan, dibantu satu SSK personel TNI dari Yonif 146

Guna menyelidiki insiden tersebut, Mabes Polri menerjunkan Irwasum dan Propam Polri di lokasi kejadian.


(ahy/lh)
Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi", Senin - Jumat pukul 04.15 - 05.00 WIB, dan Sabtu - Minggu pukul 04.00 - 05.00 WIB hanya di Trans TV
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed