DetikNews
Kamis 25 Apr 2013, 07:30 WIB

\'Pengusaha Dibui karena Gaji Buruh di Bawah UMR\' Patahkan Mitos MA

- detikNews
\Pengusaha Dibui karena Gaji Buruh di Bawah UMR\ Patahkan Mitos MA
Jakarta - Mahkamah Agung (MA) menghukum 1 tahun penjara bagi pengusaha yang menggaji buruh di bawah Upah Minimum Regional (UMR). Hal ini menjadi momentum bagi MA untuk membuat putusan-putusan yang memihak kepada keadilan dan masyarakat banyak.

\\\"Putusan tersebut mematahkan fakta berkepanjangan yang sudah menjadi mitos bahwa pengadilan selalu memihak pengusaha\/orang kaya,\\\" kata anggota Komisi III DPR Eva Sundari dengan detikcom, Kamis (25\/4\/2013).

Pengusaha asal Surabaya Chandra divonis 1 tahun penjara sesuai Pasal 90 ayat 1a UU Ketenagakerjaan. Sebelumnya dia divonis bebas oleh Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Duduk sebagai majelis kasasi Zaharuddin Utama, Prof Dr Surya Jaya dan Prof Dr Gayus Lumbuun.

\\\"Selain itu, putusan ini juga membesarkan hati dan menimbukkan harapan bahwa keadilan bisa diwujudksn di proses hukum di Indonesia,\\\" ujar Eva.

Eva berharap, putusan peradilan tertinggi ini diikuti oleh pengadilan di bawahnya. Para hakim di tingkat pertama dan tingkat banding tak segan-segan menghukum pengusaha yang menggaji buruh di bawah UMR.

\\\"Semoga ini menjadi preseden bagi para hakim dalam memutus perkara-perkara yang melibatkan para wong cilik atau dhuafa. Hukum sudah menimbulkan harapan bagi wong cilik,\\\" pungkas Eva.

(asp/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed