DetikNews
Jumat 12 Apr 2013, 18:05 WIB

Rustri Vs PDIP

Kisah di Balik Kekalahan Adik Rustri di Pilkada Kebumen

- detikNews
Kisah di Balik Kekalahan Adik Rustri di Pilkada Kebumen Rustriningsih
Semarang, - Kegagalan adik kandung Rustriningsih, Rustrianto, di pemilihan Bupati Kebumen tahun 2010 silam disebut-sebut awal keretakan Rustri dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Rustri menegaskan tak pernah memaksakan PDIP mendukung adiknya di Pilkada Kebumen.

\\\"Hebat sekali saya bisa memaksa ya. Jadi memang agak berat saat membesarkan partai di Kebumen,\\\" kisah Rustri.

Hal ini disampaikan perempuan 45 tahun yang dikenal bersih dan merakyat ini saat berbincang santai dengan wartawan di ruang tamu rumah dinasnya di Jl Rinjani 1, Semarang, Jumat (12\/4\/2013).

Rustri melihat banyak yang mencoba melakukan intrik politik terhadapnya. Termasuk ada rumor santer yang ingin menumbangkan martabatnya di Kebumen, untuk merobohkan eksistensinya di PDIP.

\\\"Saya dengar kalau ingin menghadang Rustri, hancurkan dulu tanah perdikan (Kebumen), cabut dari Kebumen,\\\" kenang Rustri.

Kala itu, Rustri menjalani masa-masa sulit. Harus menjalankan tugas sebagai Wakil Gubernur Jateng sekaligus sebagai Ketua DPC PDIP Kebumen. Tidak mudah bagi Rustri menunjuk adiknya sendiri sebagai calon Bupati Kebumen.

\\\"Saat itu ketua DPC PD, terbukti maju bersama salah satu wakil PDIP tapi maju dari partai lain. Itulah link yang dipakai PDIP Jateng dan DPP,\\\" ungkap Rustri.

Namun Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri tak memberikan sanksi apa pun. \\\"Ini Pak Don Murdono (Ketua DPC PDIP Sumedang yang menjadi cawagub dari Gerindra) dipecat. Yang menganggu saya tidak diapa-apakan, bahkan difasilitasi,\\\" protesnya.

\\\"Bahkan kurang dari satu minggu ada pencalonan bupati, ini hari H kurang
satu minggu dilakukan pelucutan. Indonesia Raya belum berkumandang, ketua DPD membuka, langsung menyampaikan pembukaan dan terhenti karena ada telepon
singkat, terus dia katakan Konfercab di Kebumen dikatakan demisioner,\\\" protes Rustri lagi.

Rustri merasa dia telah benar-benar dizalimi. \\\"Kan harusnya ada tata tertibnya (nada suara Rustri naik-red). Itu betul terjadi, saya tanya katanya ada telepon dari DPP, perintah DPP. Harusnya ada perintah tertulis. Di situlah terlihat saya dikeroyok,\\\" kecamnya.

Sementarta di sisi lain, Megawati mengeluarkan rekomendasi terhadap majunya adiknya di Pilkada Kebumen. Dia merasa ada pengurus PDIP yang mencoba mengganjalnya.

\\\"Rekom Bu Mega turun kok. Saya itu sejak tahun 2005 saya mengurus rekomendasi calon bupati, bicara peluang kurang 3 bulan dikatakan sudah menang hampir 80 persen, Mas Jokowi 90 persen. Saat rekomendasi tidak pernah diurusi,\\\" keluhnya.

Saat pendaftaran calon Bupati Kebumen pun dipersulit. Rustri akhirnya nekat mendaftarkan adiknya ke KPU tanpa rekomendasi DPP.

\\\"Karena saya ikuti aturan ternyata tidak diurus, begitu sudah waktunya terus saya selesaikan pendaftaran,\\\" papar Rustri.

\\\"Itu yang sekretaris saya diculik, dia ngakunya diculik kurang satu jam KPU mau tutup baru bisa dihubungi. Katanya dia disekap, HP diminta, semua, dia naik taksi dari Semarang ke Kebumen, karena syarat pengajuan calon harus ditandatangani Ketua dan Sekretaris,\\\" ceritanya.



(van/nrl)
Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi", Senin - Jumat pukul 04.15 - 05.00 WIB, dan Sabtu - Minggu pukul 04.00 - 05.00 WIB hanya di Trans TV
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed