DetikNews
Rabu 27 Mar 2013, 06:05 WIB

Hari Ke-163 Jokowi

Apa Kabar Program Normalisasi Sungai Jokowi?

- detikNews
Apa Kabar Program Normalisasi Sungai Jokowi?
Jakarta - Gubernur DKI Joko Widodo memang baru 163 hari bertugas. Namun sejumlah program sudah ada yang berjalan. Termasuk normalisasi sungai untuk mencegah banjir. Sudah sejauh mana?

Ada sejumlah sungai yang akan dinormalisasi oleh Pemprov DKI. Di antaranya Kali Ciliwung, Kali Pesanggrahan, Kali Pakin dan beberapa lokasi lainnya. Warga yang tinggal di bantaran kali akan diberi kompensasi. Sebagian lagi dipindahkan ke sejumlah lokasi, termasuk rumah susun.

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama pernah mengungkapkan, program normalisasi sungai diharapkan bakal selesai pada Agustus tahun 2014. Dana Rp 1 triliun sudah disiapkan untuk penggantian lahan bagi mereka yang benar-benar memiliki lokasi tersebut.

Jokowi bahkan sudah menunjukkan proyek percontohan normalisasi sungai yang lumayan berhasil. Program itu ada di kali Pakin, Jakarta Utara. Sejumlah bangunan sudah digusur, termasuk show room mobil dan rumah.

\\\"Saya ke sini supaya masyarakat juga tahu, tidak hanya yang kecil kita robohin, yang besar-besar juga. Ada showroom ada ruko ada warung-warung, kita robohin,\\\" kata Jokowi.

Pengerukan kali Pakin akan membantu kelancaran aliran air ke Waduk Pluit. Bila tetap lancar, maka banjir pun bisa diminimalisir.

\\\"Kalau nggak lancar, nanti kejadian seperti kemarin. Ini yang kemaren tanahnya cuma setengah meter dari atas kita turunkan. Yang disini sudah lima meter ke bawah. Ini, ini kita perintah tolong untuk contoh,\\\" imbuh Jokowi.

Bagaimana dengan normalisasi sungai di lokasi lainnya?



(mad/mpr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed