DetikNews
Senin 04 Feb 2013, 19:36 WIB

Laporan Dari Sofia

Barong Bali Promosikan Indonesia di Bulgaria

- detikNews
Sofia - Barong Ageng Bali dan Topeng Rangda memesona ribuan penonton Festival Topeng Internasional di kota Pernik, 25 km arah barat daya dari ibukota Sofia, Republik Bulgaria.

Festival ini merupakan acara terbesar tidak hanya di Bulgaria, tetapi juga di seluruh kawasan Semenanjung Balkan. Tahun ini festival dimeriahkan dengan workshop untuk anak-anak, workshop topeng, teater jalanan, konser, pameran, dan parade.

Selain melibatkan 100 grup tari dari kota-kota domestik di Bulgaria, festival tersebut juga diikuti oleh grup-grup tari dari berbagai tetangga, antara kain Serbia, Slovenia, Macedonia, Montenegro, Albania, Spanyol, Palestina, Aruba dan Indonesia melalui KBRI Sofia.

\\\"Dibandingkan peserta lainnya, tim KBRI Sofia mendapat banyak perhatian dari masyarakat dan media massa setempat, karena mempertunjukkan budaya Indonesia yang dinilai sangat khas dan berbeda dengan peserta lainnya,\\\" demikian Fungsi Pensosbud KBRI Sofia Dina Martina kepada detikcom, Senin (4\/1\/2013).

Menurut Dina, penampilan Indonesia tersebut merupakan bagian dari keikutsertaan Tim Kesenian KBRI Sofia pada XXII International Festival of Masquerade Games \\\'Surva\\\' di Pernik.

Penduduk kota Pernik tumpah-ruah menyaksikan karnaval di sepanjang jalan di pusat kota. Secara khusus, Ketua Pelaksana Festival, Kyril Manov, menyampaikan penghargaan tinggi atas partisipasi tim Indonesia yang telah menarik banyak perhatian penonton pada festival tahunan ini.

Di samping Barong Bali, tidak kalah menarik adalah tarian tunggal Topeng Pentul yang ditampilkan secara interaktif dengan penonton di depan Gedung Pusat Kebudayaan kota Pernik.

Gerakan kocak penari ditambah wajah topeng yang mengekspresikan tokoh lucu pada sendratari tradisional Jawa, membuat penonton tersenyum-senyum. Sesekali sang penari menunjukkan kebolehannya melakukan gerakan ala Gatot Kaca. Penari menutup tarian tersebut dengan pantomim.

Tim KBRI Sofia juga menampilkan tari-tarian Nandak Ganjen dan Renggong Manis yang dimainkan oleh tim kesenian Pesona Mawar Nusantara. Tim binaan KBRI Sofia ini melibatkan staf dan keluarga serta WNI di Sofia sebagai pemain musik dan penari, di bawah arahan Wahyudiarto, yang ditugaskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan pelatihan tari selama 3 bulan di KBRI Sofia.

\\\"Partisipasi tim kesenian KBRI Sofia pada festival ini cukup efektif untuk mempromosikan Indonesia, sebab festival ini telah menjadi salah satu event yang ditunggu-tunggu masyarakat kota Pernik dan kota lain di Bulgaria setiap tahunnya,\\\" pungkas Dina.

Sebelumnya menjelang festival dimulai, Dubes RI telah melakukan pertemuan dengan Walikota Pernik untuk membicarakan kemungkinan kerjasama di bidang kebudayaan dan ekonomi. Selain Dubes RI, juga hadir dalam festival tersebut dubes AS, Jepang dan Palestina.

Festival Topeng Internasional di Kota Pernik ini dibuka oleh Gubernor Pernik, Ivo Petrov, bersama-sama Walikota Pernik, Rosica Ianakieva dan President of the Federation of European Carnival Cities (FECC) Henk van der Kroon pada Jumat (1\/2\/2013) sore hari.

Pemerintah kota Pernik telah menyelenggarakan festival ini sejak 1966. Mulai tahun 1985 festival ini memperoleh status sebagai event internasional. Selanjutnya FECC menyatakan kota Pernik sebagai Ibu Kota Eropa untuk Festival Topeng pada 2009.
(es/es)
Array
Komentar ...
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed