DetikNews
Jumat 11 Jan 2013, 15:58 WIB

Berbekal Sketsa Wajah, Polisi Ringkus Perampok Toko Emas di Pondok Aren

- detikNews
Jakarta - Kurang dari 24 jam sejak waktu kejadian, dua pelaku perampokan di toko emas \\\'Sejahtera\\\' di Pondok Aren, Tangerang, berhasil dibekuk polisi. Kedua tersangka berinisial FZM (17) dan AS alias Sueb (18) ditangkap pada Kamis (10\/1) dinihari kemarin.

Kapolres Tangerang Kabupaten Kombes Pol Bambang P Andogo mengatakan, perampokan itu terungkap berkat sketsa wajah kedua pelaku.

\\\"Pasca peristiwa, Polresta Tangerang melakukan olah TKP dengan seksama, mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dari TKP. Kami berhasil mengidentifikasi pelaku berdasarkan sketsa wajah pelaku yang dibuat oleh ahli sketsa wajah sesuai keterangan para saksi dari karyawan toko emas. Segera setelah mengidentifikasi pelaku, Satuan Reskrim melakukan penyelidikan di wilayah Tangerang,\\\" jelas Bambang kepada detikcom, Jumat (11\/1\/2013).

Delapan jam setelah kejadian, polisi menangkap FZM (19) di rumahnya di Kelurahan Tanah Tinggi, Tangerang pada Kamis, 10 Januari 2013, sekitar pukul 00.30 WIB. Di rumah FZM, polisi menyita 1 unit motor jenis Revo yang dipakai para pelaku ke TKP, termasuk beberapa pakaian dan syal yang dipakai para pelaku.

\\\"Pasca merampok, para pelaku ternyata berkumpul dan konsolidasi di rumah FZM,\\\" kata Bambang.

Berdasarkan keterangan FZM, polisi kemudian menangkap pelaku lain berinisial AS alias Sub (18) di SPBU Daan Mogot, Tangerang pada siang harinya sekitar pukul 13.30 WIB. Saat hendak dilakukan penangkapan, AS sempat membuang bungkusan plastik.

\\\"Yang ketika dibuka, ternyata ditemukan berbagai perhiasan emas di dalam plastik tersebut,\\\" katanya.

Pelaku tidak bisa mengelak dan akhirnya mengakui bahwa perhiasan-perhiasan yang ada dalam plastik tersebut adalah hasil perampokan toko emas di Pondok Aren. Menurut keterangan Sub, Hasil rampokan itu dibagikan di rumah FMZ.

\\\"Tersangka Sub mendapat bagian 1 kantong plastik. Sisanya dibawa oleh FA alias Fer,\\\" kata Kasat Reskrim Polres Tangerang Kabupaten Kompol Shinto Silitonga.

Berdasar keterangan Sub ini, petugas kemudian melakukan penangkapan terhadap tersangka FA alias Fer (30) di Cikande, Serang yang saat itu sedang melakukan perjalanan menuju ke Lampung. Situasi jalan di jalur Balaraja-Cikande yang ketika itu macet total dimanfaatkan petugas untuk melakukan screening.

\\\"Dan berhasil mengidentifikasi ciri-ciri pelaku berdasarkan keterangan AS dan FZM, termasuk ciri-ciri pakaian dan tas yang dikenakan saat melarikan diri,\\\" kata Shinto.

Dari tersangka FA, petugas menyita sebuah tas berisi 1 unit airsoft gun berwarna hitam, 1 kotak peluru gotri dan beberapa perhiasan emas.

Dari hasil interogasi para pelaku, diketahui bahwa Fer dan Sub pernah melakukan perampokan di Indomaret Tanah Tinggi, Tangerang pada tanggal 8 Januari 2013. Selain itu Fer dan Sub juga terlibat dalam perampokan Alfamart di Bitung pada tanggal 30 Desember 2012.

Pelaku mengambil rokok dan uang sekitar Rp. 1,1 juta dari 2 minimarket tersebut. Pelaku menggunakan airsoft gun yang sama dalam aksi perampokan tersebut, dan aksi ini terekam dalam CCTV yang sudah dipasang di minimarket itu.

Perampokan toko emas itu terjadi ketika karyawan hendak menutup toko. Namun 2 pelaku yang saat itu menggunakan motor berhenti di depan toko, dan kemudian 1 pelaku dengan menggunakan senjata mirip senjata api datang, menodong karyawan toko emas dan memasukkan sejumlah perhiasan emas dari etalase toko ke dalam tas ransel pelaku, dan kemudian segera melarikan diri ke arah Ciledug.

Berkaitan dengan peristiwa tersebut, polisi mengimbau pengusaha toko emas agar memasang CCTV di tokonya masing-masing. Jika memungkinkan, kelompok pengusaha emas dalam satu kompleks pertokoan dapat mengelola keamanannya melalui petugas satpam untuk mencegah terjadinya tindak pidana terhadap toko-toko emas tersebut.


(mei/lh)
Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi", Senin - Jumat pukul 04.15 - 05.00 WIB, dan Sabtu - Minggu pukul 04.00 - 05.00 WIB hanya di Trans TV
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed