DetikNews
Senin 31 Dec 2012, 12:55 WIB

Dukung PKL, Ratusan Mahasiswa UI Demo Tolak Penggusuran di Stasiun KA

- detikNews
Depok - 300-an Mahasiswa UI berunjuk rasa menolak penggusuran kios pedagang di lingkungan Stasiun KA Kampus UI di Beji, kota Depok, Jabar. Mengenakan jaket almamater kuning, mahasiswa UI meminta agar PT KA tak melakukan penggusuran.

\\\"Mahasiswa menentang rencana penggusuran kios karena dapat menyengsarakan ekonomi lemah,\\\" ujar Rahman, seorang pengunjuk rasa di lokasi, Senin (31\/12\/2012) siang.

Aksi mendapat pengamanan dari belasan polisi. Aksi unjuk rasa (unras) di halaman stasiun digelar sejak pukul 09.00 WIB. Ratusan mahasiswa bergabung bersama pedagang.

Para pendemo menyampaikan orasi protes dan membetang belasan postes kecaman. \\\"Stop penggusuran. Lindungi perekonomiah rakyat\\\" pesan pada sebuah poster.

Aksi ini juga dihadiri Natalius P, Komisioner-Ketua Subkomisi Pemantauan dan
Penyelidikan Pelanggaran HAM Komnas HAM.

\\\"Yang kami kritisi adalah tidak ada sosialisasi dan solusi lahan pengganti bagi para pekios yang nanti digusur,\\\" sebut Pagai.

Pada tanggal 3 Januari 2013, Komnas HAM akan memanggil PTKAI Daops 1 Jakarta untuk berdialog di Kantor Komnas HAM mengenai penggusuran.

\\\"Yang perlu dilakukan adalah perapihan ataupun penertiban,\\\" ujar Natalius.

Kepala Stasiun Darmawan dalam kesempatan itu memberi penjelasan. Penggusuran merupakan upaya untuk melakukan penertiban. \\\"Isu bahwa penggusuran akan dilakukan malam hari, juga tidak benar,\\\" sebutnya.

Sampai 3 Januari 2012, PT KAI masih meberikan waktu kepada pedagang dikios-kios untuk berbenah dan mengosongkan kiosnya. Ada sekitar 150 kios di stasiun KA UI. Hari ini semuanya tutup. Pedagang sudah mulai berdagang dalam jangka waktu mulai dari 2 sampai 10 tahun menyewa tempat dari PT KAI.



(ndr/ndr)
-
Komentar ...
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed