DetikNews
Selasa 04 Dec 2012, 10:22 WIB

Jejak Politik Aceng \'Nikah 4 Hari\'

Kilas Balik Aceng Fikri Menuju Kursi Bupati Garut

- detikNews
Kilas Balik Aceng Fikri Menuju Kursi Bupati Garut
Jakarta - Bupati Garut Aceng HM Fikri (40) yang menikah 4 hari dengan Fany Octora (18) didesak mundur oleh masyarakat Garut. Sebenarnya seperti apa perjalanan karir Aceng sebelum akhirnya sukses terpilih menjadi Bupati Garut sejak tahun 2009 lalu?

\\\"Sebelum terpilih menjadi Bupati Garut, Pak Aceng adalah orang yang sangat sederhana, ramah, dan sopan. Makanya saya mau maju bersama-sama melalui jalur independen,\\\" kisah mantan Wakil Bupati Garut, Diky Candra, kepada detikcom, Selasa (4\/12\/2012).

Sejak saat itu, keduanya mengumpulkan dukungan KTP masyarakat untuk maju sebagai pasangan bupati dan wakil bupati Garut dari jalur independen. Keduanya sukses mengantongi 74.810 KTP pendukung. Selain pasangan Aceng HM Fikri-Diky Candra, masih ada dua calon independen lain di di Pilbup Garut yakni Abdul Halim-Nandang Suhendra dan Sali Iskandar-Asep Kurnia Hamdani.

Ketiganya harus berjuang keras menghadapi 4 pasangan bupati-wakil bupati Garut yang diusung gabungan parpol yakni: Haruman-Ali Rohman (PKB,PD,PBR,Pelopor),Rudi Gunawan-Oim Abdurohim (Golkar, PDIP), Aceng Wahdan Bakri-Helmi Budiman (PPP,PKS), dan Sjamsu S Djayusman-Hudan M Usaffudin (PAN,PKB,PKPB,Patriot Pancasila,PNBK,PPDK).

Hasil akhir rapat pleno KPUD Garut pada 31 Oktber 2008 menempatkan pasangan Rudi Gunawan dan Oim (Pasangan No.2) sebagai pemenang dengan perolehan 237.454 (23,6%) suara. Sementara pasangan Aceng Fikri dan Diky Candra (Pasangan No.3) menjadi runner up dengan perolehan 206.150 (20,5%) suara. Pemilihan Bupati Garut pun dilanjutkan ke putaran ke dua.

Pada akhir Desember 2008, KPUD Garut mengumumkan pasangan Aceng-Diky Candra sebagai Bupati dan Wakil Bupati Garut terpilih dengan perolehan 535.289 (56 persen). Sedangkan lawannya Rudi Gunawan-Oim Abdurohim yang diusung Partai Golkar dan PDIP hanya mampu meraih suara sebanyak 423.263 atau 44,2 persen.

Pasangan Aceng-Diky kemudian dilantik pada tanggal 23 Januari 2009. Keduanya memimpin Garut bersama-sama sebagai calon independen. Sampai kemudian Aceng melakukan manver politik ke Partai Golkar.

Kebersamaan Aceng-Diky di kantor Bupati Garut tak lama. Pada September 2011, Diky Candra menyatakan telah menyampaikan pengunduran diri karena ketidakharmonisan hubungan dengannya.

Sebelum Pilkada, Diky dan Aceng sempat berjanji untuk tidak membawa politik dalam jabatan pemerintahan mereka namun di tengah jalan Diky menilai Aceng Fikri telah mengkhianatinya dengan masuk ke Partai Golkar dan menjabat sebagai wakil ketua DPD Jabar dari partai tersebut.

\\\"Pada tahun 2011 Pak Aceng gabung ke Golkar. Tapi bukan itu penyebab utama saya mundur. Saya tidak ingin ada dua nakhoda di satu kapal yang sama. Pak Aceng kan menganggap saya saingan,\\\" papar Diky menuturkan alasan pengunduran dirinya.

Agus Hamdani yang diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terpilih menjadi wakil bupati setelah mengalahkan Usep Zaenal, melalui voting di DPRD Garut.

Setelah dilantik menjadi Bupati Garut, menurut Diky, pola hidup Aceng Fikri berubah. Diky mengetahui Aceng Fikri yang dulu hanya memiliki mobil sederhana mengganti mobilnya dengan Toyota Alphard nan mahal.

\\\"Saya sekarang sudah nggak kenal Pak Aceng yang di TV lagi. Dulu Pak Aceng sederhana dan ramah,\\\" kata Diky.

Kini Aceng sedang dikecam masyarakat Garut karena kasus menikah 4 hari dengan Fany Octora. Diky berharap masyarakat Garut tak turun ke jalan.

\\\"Biarkan Pak Bupati menyelesaikan masa kerjanya. Kan sudah mau habis juga,\\\" kata pria yang kembali menekuni dunia keartisan yang membesarkan namanya itu.

Aceng pada semalam telah memenuhi panggilan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Dia menjelaskan banyak hal, termasuk desakan agar dia mundur.

\\\"Harus jelas dululah dasar dari desakan itu, karena apa? Jangan dikarenakan nuansa politis, kan terlalu kental begitu. Tapi kalau desakannya betul-betul rasional, yuridis, dibenarkan, itu tidak ada masalah,\\\" kata Aceng usai bertemu Aher di Gedung Pakuan, Jalan Otista, Bandung, Senin (3\/12\/2012) malam.



(van/nrl)
Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB
Komentar ...
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed