DetikNews
Sabtu 01 Dec 2012, 22:16 WIB

Timnas Kalah dari Malaysia, Jokowi: Dasar Realitanya Kalah!

- detikNews
Jakarta - Indonesia lagi-lagi harus mengakui keunggulan Malaysia. Negeri yang menjadi \\\'musuh bubuyutan\\\' Indonesia dalam sepak bola ini menyingkirkan skuat Garuda dari laga lanjutan piala AFF Suzuki 2012 setelah menyerah 0-2 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur Malaysia. Lantas, bagaimana tanggapan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo?

\\\"Yaa, pengennya kita menang, dasar realitanya kalah ya,\\\" tutur Jokowi dengan ekspresi sedih saat ditanya wartawan.

Ungkapan itu disampaikan Jokowi usai menonton bareng (nobar) pertandingan antara Indonesia versus Malaysia bersama warga di depan stasiun Manggarai, Jalan Manggarai Utara II, Jakarta Selatan, Sabtu (1\/12\/2012).

Menurut pria yang juga gemar olahraga sepak bola ini, kekalahan untuk kesekian kalinya timnas sepak bola Indonesia dalam ajang internasional menunjukkan adanya kesalahan dalam persiapan dan pembinaan sepak bola di tanah air.

\\\"Ya harus diperbaiki, pembinaan olahraga sepak bola memang dari bawah, memang kerja dengan perencanaan waktu yang sangat singkat sulit. Itu pekerjaan yang sangat panjang,\\\" tuturnya.

Jokowi juga mengingatkan kembali jika pembangunan stadion sepak bola untuk klub kebanggaan warga Jakarta, Persija Jakarta, akan dibangun tahun depan.

\\\"Tahun depan, stadion di taman BMW (di Jakarta Utara),\\\" ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi melakukan nobar dengan warga di Manggarai, Jakarta Selatan. Kehadiran Jokowi sempat membuat warga terkejut karena acara nobar tersebut tidak dijadwalkan Jokowi sebelumnya. Dalam acara nobar itu, Jokowi juga sempat memberikan sejumlah hadiah untuk anak-anak berupa bola dan sepeda.

Jokowi nobar bareng warga ditemani istrinya, Iriana Widodo, dan Wali Kota Jaksel Anas Effendi.

Sementara itu, kekalahan Indonesia dari Malaysia membuat Timnas Indonesia harus mengubur impiannya merebut Piala AFF Suzuki 2012 tahun ini. Pertandingan ketiga Grup B yang dihelat di Stadion Nasional Bukit Jalil, malam ini, Malaysia mencetak dua gol dalam rentang tiga menit di babak pertama lewat Azammuddin bin Mohd Akil (menit 27) dan Mahalli Jasuli (menit 30).

Dengan kekalahan ini Indonesia yang mengumpulkan empat poin hanya finish di peringkat ketiga grup. Sementara itu Malaysia lolos sebagai runner-up dengan enam poin, sama poinnya dengan Singapura (menang 4-3 atas Laos) yang finis di posisi puncak tapi kalah selisih gol. Ini untuk keduanya kali Indonesia gagal lolos dari fase grup Piala AFF setelah yang pertama di edisi 2007.



(rmd/slm)
Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi", Senin - Jumat pukul 04.15 - 05.00 WIB, dan Sabtu - Minggu pukul 04.00 - 05.00 WIB hanya di Trans TV
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed