DetikNews
Minggu 25 Nov 2012, 18:20 WIB

Rusuh di Kutai Barat, Massa Jarah Toko Sembako di Melak

- detikNews
Samarinda - Situasi mencekam tidak hanya terjadi di Barong Tongkok, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Hari ini, situasi serupa juga terjadi di Melak, yang letaknya hanya 30 menit dari Barong Tongkok.

\\\"Situasi jalan-jalan lengang. Toko-toko banyak yang tutup juga sejak pagi tadi,\\\" kata warga Melak, Aji Syamsudin, saat dihubungi detikcom, Minggu (25\/11\/2012) petang WITA.

Menurut Aji, di Melak, terlihat aktivitas penjarahan barang dagangan di sejumlah toko di kawasan pertokoan di Jl Dr Sutomo dan Jl Kapten Piere Tendean.

\\\"Itu dilakukan oleh kelompok warga dengan tanda-tanda tertentu dengan membawa-bawa senjata tajam. Ada terlihat aparat kepolisian, sepertinya kelompok warga itu sudah terlokalisir petugas kepolisian bersenjata api,\\\" ujar Aji.

\\\"Di Pasar Olah Bebaya di Melak, juga terlihat ada aktivitas mengeluarkan barang-barang dagangan. Khawatir terjadi seperti kebakaran di pasar yang ada di Barong Tongkok,\\\" tambahnya.

Tidak hanya itu, situasi di Pelabuhan Melak, juga terlihat lalu lalang aktivitas angkutan sungai mulai dari speedboat, longboat maupun kapal berbadan besar yang mampu mengangkut puluhan penumpang.

\\\"Banyak speed dan kapal tujuan ke Samarinda. Entah mengungsi atau tidak, saya tidak tahu pasti. Itu yang saya lihat siang sampai sore ini,\\\" jelas Aji.

\\\"Kami yang di Melak ini, sesekali ronda memantau situasi keamanan kampung. Lebih banyak juga yang memilih untuk di rumah saja,\\\" sebut Aji.

Situasi serupa juga masih terjadi di Barong Tongkok. Warga setempat pun mengaku masih khawatir, insiden anarkis yang terjadi sejak Sabtu (24\/11\/2012) malam kemarin hingga Minggu dini hari tadi, kembali terulang.

\\\"Kita banyak diam di rumah saja, sambil pantau situasi di luar, di jalan-jalan. Khawatirnya dan yang ditakuti itu, kalau ada bakar-bakar lagi,\\\" kata warga setempat, Stepanus.

\\\"Sejauh ini, jalan menuju Barong Tongkok dan meninggalkan Barong Tongkok, diblokir kelompok warga. Satu-satunya jalan adalah menggunakan transportasi sungai,\\\" sebut Stepanus.

Situasi mencekam di Barong Tongkok, Kutai Barat, Kalimantan Timur, terjadi sejak Jumat (23\/11\/2012). Diduga, pemicunya adalah pengeroyokan terhadap salah seorang warga saat sedang mengisi premium di APMS (Agen Premium dan Minyak Solar) Simpang Raya. Kejadian memanas setelah toko sembako dibakar, ratusan warga mengungsi, dan 800 polisi bersiaga serta pasar tradisional ludes dilalap api, Minggu (25\/11\/2012).



(try/try)
Array
Komentar ...
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed