DetikNews
Minggu 25 Nov 2012, 11:58 WIB

Kutai Barat Masih Mencekam, Pasar Tradisional Ludes Dilalap Api

- detikNews
Samarinda - Di tengah kerusuhan antarwarga, pasar tradisional yang berada di Jl Gadjah Mada, Barong Tongkok, Kutai Barat, Kalimantan Timur, Minggu (25\/11\/2012) dini hari hangus terbakar. Belum diketahui, ada tidaknya unsur kesengajaan dalam kejadian tesebut.

\\\"Iya benar, pasar di Gadjah Mada terbakar dini hari tadi. Saya sendiri belum tahu itu sengaja dibakar atau tidak,\\\" kata warga Kutai Barat, Stepanus, ketika dihubungi detikcom, Minggu (25\/11\/2012) siang WITA.

Menurut Stephanus, lokasi pasar tersebut berada di sekitar depan Mapolres Kutai Barat. Api yang membubung tinggi, membuat situasi semakin mencekam.

\\\"Pasar itu menjual berbagai kebutuhan sembako di Barong Tongkok ini. Sekarang kondisinya sudah rata dengan tanah,\\\" ujar Stepanus.

Diterangkan Stepanus, sejak Sabtu (24\/11\/2012) kemarin hingga hari ini, situasi di Barong Tongkok, masih terpantau lengang. Hanya terlihat beberapa titik konsentrasi massa beserta aparat kepolisian yang terus berjaga-jaga.

\\\"Mudah-mudahan situasi keamanan kembali benar-benar kondusif, tidak ada aksi lanjutan. Supaya kita bisa kembali bekerja,\\\" tambahnya.

\\\"Kalau begini, kita juga tidak berani keluar rumah. Kita membatasi aktivitas di luar rumah. Ya itu tadi, supaya tidak terjebak di tengah aksi warga,\\\" sebut Stepanus

Warga Kutai Barat lainnya, Ismail, saat dihubungi terpisah juga membenarkan kebakaran yang terjadi di pasar tradisional di Barong Tongkok.

\\\"Iya, Pak. Lewat tengah malam tadi, pasar itu kebakaran. Kita juga belum tahu, terbakar atau sengaja dibakar,\\\" sebut Ismail.

Upaya konfirmasi terkait insiden itu melalui Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Antonius Wisnu Sutirta saat dihubungi berulang kali melalui telepon selularnya, tidak bisa dilakukan. Ponselnya tidak aktif.

Seperti diberitakan, Polda Kaltim sebagaimana disampaikan Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Antonius Wisnu Sutirta sebelumnya menyebutkan, sebuah kios sembako di Barong Tongkok dibakar sekelompok warga, Sabtu (24\/11\/2012) malam. Aksi tersebut dinilai sebagai rentetan keributan dan insiden pengeroyokan di APMS (Agen Premium dan Minyak Solar) Barong Tongkok, Jumat (23\/11\/2012) lalu.

Sebanyak 800 personel keamanan gabungan Polri dan TNI, diterjunkan ke Kutai Barat untuk menjaga situasi keamanan. Malam tadi, Wisnu juga menyebutkan, situasi di Kutai Barat sudah kembali kondusif.


(try/try)
Ikuti informasi penting, menarik dan dekat dengan kita sepanjang hari, di program "Reportase Sore" TRANS TV, Senin sampai Jumat mulai pukul 14.30 - 15.00 WIB
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed