DetikNews
Follow detikcom Like Follow
Senin 12 Nov 2012, 03:07 WIB

Cerita Penumpang Bus Pembawa Mahasiswa yang Kecelakaan di Boyolali

- detikNews
Jakarta - Sekitar 44 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Katholik (Unika) Sugiyopranoto, Semarang, yang terluka akibat kecelakaan bus di Ampel, Boyolali dibawa ke RS Elisabeth Semarang. Suasana di depan IGD RS Elisabeth pun ramai dipenuhi sanak keluarga yang ingin mengetahui kondisi korban.

Salah satu korban Natasya Celia Raharjo (18) mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Semarang mengalami luka lecet di bagian tangan dan kakinya selain itu luka lebam juga terlihat di tangan kiri Natasya. Sambil menahan sakit lukanya, mahasiswi baru itu menceritakan peristiwa nahas yang baru dialaminya.

Menurut kisah Natasya, sekitar pukul 14.30 WIB, Bus PO Usaha Jaya bernopol K 1538 AC yang mengangkut rombongan mahasiswa baru UNIKA untuk kembali ke Semarang setelah berkemah di Bumi Perkemahan Indraprasta, Desa Candisari, Ampel, Boyolali. Namun saat melintas di ruas jalan Ampel-Pantaran, kendaraan tiba-tiba melaju semakin kencang.

\\\"Saya kira cuma ngebut biasa, tapi ternyata ada yang teriak rem blong dari arah depan,\\\" kata Natasya di depan IGD RS Elisabeth Semarang, Minggu (11\/11\/2012) malam.

Selain mendengar teriakan tersebut, Natasya yang saat itu duduk di bagian tengah bus melihat teman-temannya mulai panik dan menggenggam erat kursi di depannya.

\\\"Saya juga ikut pegangan, sedangkan sopir berusaha ngerem tapi gagal,\\\" ujarnya.

Ketika bus melaju kencang di turunan, sopir, Khamdun (41) membanting setir ke kanan sehingga menabrak pagar rumah dan menabrak pohon. Bus tersebut lalu terguling ke kiri dan menyebabkan atap bus terbuka dan bodi bus terbelah dua.

\\\"Pas kejadian tiba-tiba \\\'Brak!\\\' lalu saya tidak sadarkan diri. Begitu bangun terasa berat sekali karena ternyata di atas saya banyak orang,\\\" terang Natasya.

Setelah terbangun dari pingsan Natasya melihat teman-temannya tergeletak dan mengalami luka-luka. Bahkan ia melihat kaki supir bus yang terlepas dari tubuhnya.

\\\"Setelah terbangun melihat banyak yang luka. Paling lihat sopirnya, kakinya putus,\\\" pungkas Natasya.

\\\"Saya dibawa ke puskesmas di Boyolali (Ampel) lalu dirujuk ke sini (RS Elisabeth),\\\" imbuhnya.

Korban luka-luka dibawa ke RSUD Pandanaran, RS PKU Aisiyah dan RS Umi Barokah. Sementara itu Humas RS Elisabeth, Probowati Tjondronegoro mengatakan, hingga kini pihaknya masih menunggu rujukan korban luka akibat kecelakaan tersebut.

\\\"Masuk sejak jam 19.30, ini masih menuggu rujukan dari Boyolali. Rata-rata lukanya patah tulang dan lecet,\\\" tandas Probo.

Dari pantauan detikcom, korban yang tiba di RS Elisabeth pun juga sudah banyak yang langsung dijemput keluarganya dan dibawa pulang.

Sebelumnya Bus PO Usaha Jaya yang membawa mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Katholik (Unika) Sugiyopranoto, Semarang, mengalami kecelakaan di Ampel, Boyolali, Minggu (11\/11\/2012) sore. Bus masuk tebing hingga mengalami kerusakan cukup parah. Tidak ada korban jiwa, tetapi sebagian penumpang mengalami luka ringan hingga berat dan beberapa diantaranya harus mendapat perawatan di rumah sakit.


(alg/trq)
Komentar ...
News Feed