DetikNews
Senin 29 Oct 2012, 16:25 WIB

Yuk, Mengintip Ruang Sekretaris MA dengan Meja Rp 1 Miliar

- detikNews
Jakarta - Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi menyulap ruangannya menjadi ruang paling luas dibanding sesama pejabat eselon I MA lainnya. Nurhadi juga mengganti ruang kerja dengan seperangkat mebel dan meja seharga Rp 1 miliar.

\\\"Kalau ruang Pak Nurhadi paling besar dibandingkan pejabat eselon I lainnya. Dua kali lipat dibanding pejabat dengan kedudukan yang sama,\\\" kata seorang sumber detikcom di MA, Senin (29\/10\/2012).

Ruang sekretaris berada di lantai satu blok barat gedung utama MA. Saat pintu dibuka, maka tamu akan dihadapkan ruangan yang berisi staf ukuran 5 x 5 meter. Lantas sebuah koridor kecil menghubungkan dengan ruang rapat. Di lorong kecil tersebut terdapat sebuah sofa ruang tunggu dengan meja yang berisi makanan kecil.

Ruang rapat sendiri hanya berisi sebuah meja besar dengan 20-an tempat duduk warna hitam. Terdapat pula sebuah meja kecil untuk staf MA di ruang tersebut.

Nah, setelah ruang rapat tersebut terdapat pintu yang selalu tertutup. Pintu ini menghubungkan ruang rapat dengan ruang kerja Sekretaris MA. \\\"Ukuran ruang kerjanya sekitar 12x10 meter,\\\" ujarnya.

Di ruang tersebut, Nurhadi sehari-hari duduk menghadap arah barat dalam bekerja. Sebuah meja warna hitam dari kayu yang cukup besar menjadi tempat dia membuat kebijakan lembaga. Di salah satu sudut terdapat sebuah sofa besar warna hitam untuk menerima tamu yang datang. Alhasil, ruangan tersebut terasa sangat lega.

\\\"Ruang Ketua MA dan Ketua Muda MA juga kalah,\\\" bebernya.

Pemandangan ini sangat kontras dengan ruangan Panitera MA, Soeroso Ono. Meski sesama pejabat eselon I, Soeroso Ono yang juga hakim ini hanya menempati ruangan 5x6 meter dengan mebel sama seperti ruangan lain. Di luar ruang Soeroso Ono, terdapat ruang staf dan ruang rapat.

Ikhwal perabotan mewah ini meluncur dari mulut Ketua Muda MA bidang Pidana Khusus, Djoko Sarwoko. Dia mengakui Sekretaris MA Nurhadi mempunyai bisnis sarang burung walet. Bahkan PNS yang merangkap pengusaha tersebut merombak ruang kerjanya di MA dengan menghabiskan uang yang tak sedikit, salah satunya seperangkat meja bernilai Rp 1 miliar.

\\\"Itu meja, duitnya sendiri. Karena Nurhadi punya usaha sarang burung walet, bukan memakai anggaran MA. Nurhadi itu sudah berbuat banyak demi lembaga ini. Saya karena ikut membina Nurhadi, saya ikut sakit hati juga dia difitnah seperti ini,\\\" kata Djoko Sarwoko

Hingga berita ini diturunkan, detikcom terus berusaha menghubungi Nurhadi baik telepon maupun SMS, tetapi belum mendapat jawaban. Nurhadi saat ini berada di Manado dalam rangka Rakernas MA.



(asp/nrl)
-
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed