DetikNews
Rabu 10 Oct 2012, 17:41 WIB

Waspada! Jakarta Barat Wilayah Paling Rawan Banjir

- detikNews
Waspada! Jakarta Barat Wilayah Paling Rawan Banjir Banjir (ilustrasi)
Jakarta - Sejumlah wilayah di Jakarta sudah mulai dilanda hujan. Hal ini menandakan musim hujan sudah tiba. Penduduk Jakarta pun disarankan untuk waspada banjir, terutama penduduk di kawasan Jakarta Barat.

Menurut pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Yayat Supriyatna, Jakarta Barat merupakan wilayah paling rawan banjir dibandikan dengan daerah lain di Jakarta. Jakarta Barat merupakan kawasan yang paling terancam dengan datangnya musim hujan.

\\\"Kawasan ini sangat rentan karena tidak terlindungi Banjir Kanal Timur dan Banjir Kanal Barat,\\\" kata Yayat kepada wartawan, Rabu (10\/10\/2012).

Menurut Yayat, keberadaan dua kanal banjir di Jakarta tidak membuat Jakarta Barat aman dari banjir. Soalnya, dua kanal tersebut tidak memotong aliran lima sungai besar yang ada di wilayah yang berbatasan dengan Tangerang.

\\\"Jadi tidak terlindungi karena sungai yang dipotong bukan kali-kali yang rawan di Jakarta Barat,\\\" ujar Yayat.

Yayat mengatakan ancaman banjir semakin besar dengan kenyataan bahwa pendangkalan sungai terjadi di sungai tersebut. Apalagi, sungai itu sudah tidak pernah dikeruk untuk menambah kedalaman sungai agar aliran air lebih lancar.

\\\"Sudah bertahun-tahun lalu tidak pernah dikeruk lagi,\\\" ujarnya.

Adapun sungai besar di Jakarta Barat yang rawan banjir, kata Yayat, adalah Kali Mookervart, Angke, Grogol, Pesanggrahan, dan Banjir Kanal Barat. Kondisi hulu sungai yang berubah menjadi kawasan pemukiman disebutnya akan semakin memperparah wilayah-wilayah yang nantinya akan terkena dampak banjir.

\\\"Seperti dari Depok, Bogor, dan Tangerang, daerah hulu dan hilir sudah banyak beralih fungsi menjadi pemukiman,\\\" imbuhnya.
Sementara itu, Wakil Walikota Jakarta Barat, Sukarno mengakui jika wilayahnya memang rawan banjir.

\\\"Hal yang harus dikritisi saat ini untuk menghadapi musim penghujan ialah saluran kali atau sungai yang ada di Jakarta Barat. Saluran atau sungai di Jakarta Barat itu ada 5. Kali Angke, Kali Pesanggrahan, Kali Grogol, Banjir Kanal Barat. Dan kali Mookevart jadi memang rawan. Namun kewenangan klining servicenya ada ditingkat provinsi dan kementerian,\\\" kata Sukarno.

Menurutnya, sejauh ini Pemkot sudah melakukan koordinasi dengan Pemprov DKI untuk bisa bekerja bersama-sama untuk membersihkan aliran sungai dan kali di wilayah Jakarta Barat.

\\\"Ada kewenangan dan pembagiannya masing-masing. Kami tidak menyalahkan Pemprov DKI Jakarta,\\\" ujar Sukarno.

Namun Sukarno mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai cara untuk mencegah banjir di Jakarta Barat.

\\\"Realisaasinya sedang mulai berjalan. Pembersihan sampah sudah mulai. Dan dinas PU Air sudah normalisasi saluran di Kecamatan Kalideres dan Kecamatan Grogol. Pemerintah kota melalui RT RW juga sudah menyarankan untuk lakukan kerja bakti,\\\" ujarnya.

(spt/rmd)
Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi", Senin - Jumat pukul 04.15 - 05.00 WIB, dan Sabtu - Minggu pukul 04.00 - 05.00 WIB hanya di Trans TV
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed