DetikNews
Jumat 28 Sep 2012, 21:15 WIB

Korban Tewas Kecelakaan Maut di Jalur Balikpapan-Samarinda Jadi 9 Orang

- detikNews
Samarinda, - Korban tewas akibat kecelakaan maut tabrakan mobil dan truk di KM 57 ruas jalan Balikpapan-Samarinda, Kalimantan Timur, bertambah 1 orang. Yunani, warga Batu Kajang, Kabupaten Paser, yang sebelumnya kritis, menghembuskan nafas terakhirnya di RSU Samboja, Kutai Kartanegara.

\\\"Yunani, penumpang mobil Xenia, meninggal sekitar pukul 20.30 WITA tadi. Keseluruhan korban meninggal menjadi 9 orang,\\\" kata Kasatlantas Polres Kutai Kartanegara, AKP Yovan Fatika, kepada detikcom, Jumat (28\/9\/2012).

Menurut Yovan, keseluruhan korban yang meninggal merupakan penumpang mobil Xenia bernomor polisi KT 1580 CA. Secara umum, seluruh korban mengalami luka parah.

\\\"Hampir seluruh korban mengalami luka di kepala yang cukup parah,\\\" ujarnya.

Sementara tiga penumpang truk roda enam dengan nomor polisi KT 8982 AQ itu, masing-masing sopir Sandi (25) warga Balikpapan, Wiro Wijaya (21) warga Balikpapan serta Wahyu Rizki (21) warga Penajam Paser Utara, kini masih dimintai keterangan penyidik Satlantas Polres Kutai Kartanegara.

\\\"Keterangan sementara, sopir truk dari arah Samarinda lalai terlalu mengambil jalur kanan, sedangkan dari arah berlawanan dari Balikpapan, ada mobil Xenia,\\\" sebut Yovan.

\\\"Dari lokasi, truk terlalu ke kanan setelah berupaya menghindari longsoran di sebelah kirinya. Kedua truk dan mobil itu dalam kecepatan tinggi,\\\" terangnya.

Melihat kondisi rusaknya kedua kendaraan dan mengamati pedal kopleng, sambung Yovan, diperkirakan kedua kendaraan sama-sama melaju dengan kecepatan 60-70 Km\/jam.

\\\"Kalau soal administrasi, semisal SIM sopir dan surat-surat kendaraan truk itu, tidak ada masalah dan masih berlaku,\\\" tambahnya.

\\\"Malam ini kita tuntaskan pemeriksaan. Besok akan kita sampaikan kesimpulan akhir dari musibah kecelakaan ini,\\\" sebutnya.

Kendati begitu, Yovan mengingatkan jalur Balikpapan-Samarinda maupun sebaliknya merupakan jalur jalan berisiko tinggi terjadinya kecelakaan yang merenggut korban.

\\\"Sering terjadi kecelakaan. Topografi jalan dengan tikungan tajam, ada 3 titik rawan kecelakaan. Di lokasi ini, menjadi perhatian kita dan menjadi titik baru rawan kecelakaan,\\\" tutupnya.

Seperti diberitakan, Jumat (28\/9\/2012) pagi sekitar pukul 08.00 WITA, kecelakaan maut terjadi antara mobil dan truk di KM 57 ruas jalan jalur Balikpapan-Samarinda, Kalimantan Timur. Mobil diketahui berasal dari arah Balikpapan menuju Samarinda, sedangkan truk berjalan berlawanan arah dari Samarinda.

Dari lokasi kejadian, 8 orang yang meninggal dunia, 1 orang dilaporkan kritis dan keseluruhan korban dievakuasi ke RSU Samboja. Satu dari 8 korban meninggal yang berhasil diidentifikasi, diantaranya tercatat nama Aiptu Agus Praptana, yang masih bertugas sebagai anggota Polsek Batu Kajang, Kabupaten Paser.


(rmd/rmd)
Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam", Senin sampai Jumat pukul 00.30 - 01.00 WIB, hanya di Trans TV
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed