DetikNews
Rabu 05 Sep 2012, 15:34 WIB

Penyu Raksasa Terdampar di Bima, Nyaris Jadi Santapan Warga

- detikNews
Mataram - Seekor Penyu Belimbing (Dermochelys Coriacea) menggemparkan warga Koupa, Desa Waduruka Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, NTB. Penyu itu nyaris menjadi santapan warga sebelum akhirnya dilepas ke laut dalam kondisi terluka.

Penyu dengan panjang bentang tubuh hingga 1,5 meter dan lebar nyaris 0,5 meter ditemukan warga, Selasa (4\/9\/2012) sore. Warga setempat menemukannya terdampar di pantai.

Warga lalu menyeret penyu raksasa itu ke Dusun Koupa, 700 meter dari bibir pantai. Warga bermaksud memotong penyu itu menjadi bagian kecil-kecil untuk dikonsumsi, kemudian direncanakan akan dibagi rata pada setiap penduduk dusun.

Beruntung saat penyu hendak dipotong-dipotong, datang salah seorang petugas Balai Konservasi Alam di Kabupaten Bima, yang kebetulan berada tak jauh dari desa itu. Dari petugas itu pula warga mengetahui, penyu binatang langka dan dilindungi. Akhirnya niat warga berpesta dengan menu utama daging penyu pun batal.

Elis, seorang saksi mata yang dihubungi detikcom dari Mataram, Rabu (5\/9\/2012) mengatakan, warga akhirnya melepaskan penyu itu tadi pagi.

\\\"Biasanya memang warga di sini kalau mendapat menyu langsung dipotong. Dagingnya di makan ramai ramai, atau dibagi merata pada warga,\\\" kata Elis.

Saat dilepas, kata Elis, penyu itu dalam kondisi terluka akibat sayatan dan juga saat diseret warga dari pinggir pantai ke pemukiman. Tadinya warga bermaksud mengangkat penyu itu ramai-ramai, namun karena terlalu berat, akhirnya penyu itu diseret.

\\\"Saya lihat saat di lepas di pantai, penyu itu sudah tidak selincah sebelumnya. Tapi masih bisa berenang, meski di lepas di pantai dangkal,\\\" kata Elis.

Diperkirakan umur penyu itu sudah 100 tahun. Namun soal penyu raksasa bukan kali pertama ditemukan di desa itu.

Syaiful salah seorang warga desa yang lain mengatakan, tahun lalu warga desa menemukan penyu serupa tapi dengan ukuran lebih besar. Panjang bentang tubuhnya bahkan hingga dua meter. Namun nahas, penyu itu tak dilepas. Warga menjadikannya santapan.



(try/try)
Array
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed