DetikNews
Kamis 30 Aug 2012, 03:41 WIB

Kronologi Bentrok Berdarah Kelompok John Kei Vs Hercules di Cengkareng

- detikNews
Jakarta - Bentrok antara dua kelompok di Cengkareng Barat terkait pengambil alihan kekuasaan tanah. Kejadian tersebut disebabkan perebutan kekuasaan di lahan tanah PT. Sabar Ganda yang beralamat di Jl Cengkareng Kamal, Rt 02\/07, Cengkareng Barat, Jakarta Barat.

Menurut Kabid Humas Polda Metro jaya, Kombes Rikwanto kejadian bermula ketika sekitar 100 orang kelompok John Kei mendatangi PT Sabar Ganda, Rabu (29\/8). Pada saat itu PT Sabar Ganda tengah dijaga oleh 10 orang dari kelompok Hercules.

\\\"Pada saat itu kelompok Hercules yang keluar lokasi dan terjadi tawuran antara kedua belah pihak, namun hal tersebut langsung dihalau anggota Polsek Cengkareng. Kelompok John Kei berhasil menguasai lokasi sementara kelompok Hercules yang terusir menghimpun kekuatan dari luar pagar,\\\" ujar Rikwanto dalam pesan singkat, Rabu (29\/8\/2012).

Berikut kronologi kejadian setelah insiden awal seperti yang dikemukakan Rikwanto di atas.

12.30 WIB
Martin, Kuasa Hukum kelompok Hercules datang ke lokasi dan langsung berbicara dengan Patrialis pimpinan kelompok John Kei. Dalam pertemuan itu turut hadir Waka Polsek Cengkareng dan Danramil Cengkareng. Pada saat itu kedua belah pihak sepakat dan bersedia mengosongkan lahan serta diselesaikan secara hukum ( Lahan dalam status Quo).

13.00 WIB
Kedua kelompok kembali tawuran namun berhasil dilokalisir oleh personil Polres Jakarta Barat dan Polsek Cengkareng.

13.30 WIB
Terjadi lagi penyerangan oleh kelompok Hercules yang ada di luar lahan yang diperebutkan terhadap kelompok John Kei yang telah menguasai lahan tersebut di dalam lokasi.

13.30 WIB
Kapolres Jakarta Barat memerintahkan kepada anggota berseragam untuk melakukan penangkapan kepada kelompok yang ada di luar pagar dan membawa sajam.

13.45 WIB
Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol Sutan memerintahkan kelompok Jhon Kei keluar lahan yang diperebutkan dan menjamin obyek yang diperebutkan dengan status Quo.

13.55 WIB
Kelompok John Kei keluar dari lokasi dari lahan sengketa berikut mengarah ke perumahan Taman Palem Lestari dengan melawan arah arus lalu lintas jalan yang hanya satu arah.

14.00 WIB
Hercules sampai dengan lokasi kejadian di PT Sabar Ganda dan memaksa anak buahnya untuk tetap menguasai lokasi. Pihak Polres Jakarta Barat menjelaskan bahwa lokasi dalam status quo. Akhirnya Hercules dan sekitar 10 orang pengikutnya tetap berada di lahan sengketa.

14.10 WIB
Kapolres Jakarta Barat dengan tegas memerintahkan Hercules keluar obyek yg disengketakan, dengan memperintahkan bantuan Sabhara Polda sejumlah 1 pleton yang dipimpin AKP Kemijo. Polisi mendorong kelompok Hercules ke arah Pintu Air Jl. Kamal Raya.

14.20 WIB
Dilakukan penyitaan berbagai jenis sajam dari kelompok Hercules diseputaran lokasi Ruko Seribu. Taman Palem Cengkareng.

16.00 WIB
Dilakukan penggeledahan dan penyitaan berbagai jenis sajam terhadap kelompok John Kei di depan kantor kecamatan Cengkareng.



(edo/fjp)
Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi", Senin - Jumat pukul 04.15 - 05.00 WIB, dan Sabtu - Minggu pukul 04.00 - 05.00 WIB hanya di Trans TV
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed