DetikNews
Jumat 03 Aug 2012, 10:10 WIB

Preman Menakuti Penumpang Bus dengan Menyilet Tangan Tak Usah Diberi Uang

- detikNews
Jakarta - Polda Metro Jaya menangkap dua orang remaja yang meminta uang dalam bus dengan menyayat-nyayat tangannya dengan silet. Petugas akan menyebar petugas berpakaian preman untuk menangkap pelaku<\/a> lainnya.

\\\"Ini akan kita lanjutkan lagi, kita akan sebar petugas berpakaian preman untuk memberantas modus ini,\\\" kata Kabid Humas Polda Rikwanto kepada detikcom, Jumat (3\/8\/2012).

Rikwanto mengatakan, jika menemukan adanya preman yang meminta uang dengan cara menyayat tangannya dengan silet, penumpang tak perlu memberi uang. Jika ulah preman itu dirasa mengintimidasi dan menggangu bisa langsung dilaporkan ke petugas terdekat.

\\\"Tidak usah dikasih uang, kalau sudah keterlaluan dilaporkan saja ke petugas terdekat,\\\" sarannya.

Modus intimidasi dengan menyayat tangan dan leher dengan silet marak terjadi di bus umum di Jakarta. Para preman ini biasanya naik berdua dan menyilet-nyilet tangan dan leher mereka. Para preman ini berusaha membuat takut penumpang bus sehingga memberikan uang kepada mereka.

\\\"Kita yang wanita jadi takut dan tidak nyaman, mereka menakut-nakuti penumpang,\\\" katanya. Jika tidak diberi uang, para preman ini turun dari bus dengan marah-marah,\\\" kata Evie, salah seorang penumpang bus pada detikcom, Kamis (2\/8).

Subdit Resmob Polda Metro Jaya kemudian mengadakan penyelidikan kasus ini dan menangkap dua orang remaja yang kerap mengemis di atas Metromini 69 (Ciledug-Blok M).

Keduanya yakni Yosef (17) dan Adit (17). Mereka ditangkap di lampu merah perempatan Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (2\/8). Salah satu pengemis, Yosef mengaku melakukan tindakan yang membahayakan dirinya itu untuk menakut-nakuti penumpang.

\\\"Biar penumpang mau ngasih uang. Kalau dengan menyilet-nyilet kan orang jadi takut dan mau ngasih uang,\\\" kata Yosef kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. Yosef lalu mempraktikkan bagaimana caranya minta uang.

\\\"Permisi ya om tante, saya meminta sedekahnya. Daripada saya mencopet, menjambret mendingan saya menyilet-nyileti tangan sendiri yah. Mudah-mudahan ada om dan tante yang mau memberikan sepeser uangnya untuk kami makan yah. Terima kasih om dan tante,\\\" celoteh Yosef. Yosef menyilet tangannya dan keluar darah. Dia minum ciu dulu agar berani beraksi seperti itu.

Namun ada juga preman yang menyilet tangannya, namun hanya menekan-nekannya saja alias tidak keluar darah. Ada juga yang menambahi aksinya agar dramatis dengan \\\"pura-pura\\\" menguyah silet tersebut.




(nal/nrl)
Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" selama Ramadan pukul 00.30 - 01.30 WIB, hanya di Trans TV
Komentar ...
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed