DetikNews
Senin 30 Jul 2012, 10:31 WIB

Akhir Kisah Si Paus Sperma \'Baby baby\'

- detikNews
Jakarta - Dua hari lalu, tepatnya pada Sabtu (28\/7) sore, sejumlah aktivis pecinta hewan meneteskan airmata bahagia karena berhasil melepas bayi paus sperma yang terdampar di Karawang, Jawa Barat, ke laut lepas. Namun, airmata itu kini berubah menjadi kesedihan karena paus yang diberi nama tim rescue \\\'baby baby\\\' ditemukan mati di Muara Gembong, Bekasi.

Berikut kronologi paus mulai dari temuan di Karawang hingga akhir kisahnya di Muara Gembong:

Rabu (25\/7)<\/strong>

Nelayan di pantai Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, menemukan seekor paus yang terdampar di perairan dangkal. Paus itu diduga terpisah dari kawanannya dan terjerat jaring nelayan. Kondisi paus dalam posisi terbalik dengan mata nyungsep ke pasir.

Kamis (26\/7) <\/strong>

Kabar soal keberadaan paus ini semakin meluas. Tim evakuasi pun berdatangan, mulai dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN) Indonesia, Tagana, SAR, hingga aparat keamanan setempat. Tim berusaha menarik paus ke laut lepas namun tak berhasil karena minim peralatan. Paus juga sudah melemah. Kulitnya yang mengelupas diolesi pelembab. Warga yang menyemut di lokasi mengganggu jalannya evakuasi.

Jumat (27\/7) <\/strong>

Bantuan mulai berdatangan untuk menyelamatkan sang paus. Pertamina, PT Pelindo, hingga Kementerian Perhubungan mengirimkan kapal guna menarik sang paus. Sebuah tali khusus dipasang di ekor paus. Tali itu kemudian dihubungkan ke kapal yang menarik paus beriringan. Namun sayang, upaya ini lagi-lagi gagal. Paus hanya bergerak sedikit. Pada sore hari, evakuasi pun dihentikan.

Sabtu (28\/7)<\/strong>

Tim evakuasi terus bertambah. Kali ini, anggota Kopassus dan pasukan katak turun tangan. Mereka kembali menjalankan skenario seperti hari Jumat, namun dengan perencanaan lebih matang dan bantuan kapal lebih besar. Tepat pada pukul 14.00 WIB, paus itu berhasil dilepas ke lautan bebas dengan kedalaman lebih dari 25 meter. Dia bisa berenang bebas. Tim memastikan paus dalam kondisi yang semakin membaik.

Minggu (29\/7) malam<\/strong>

Tim evakuasi dari JAAN dan kepolisian Muara Gembong mendapat laporan ada paus yang mati di Muara Bendera, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Paus itu mirip sekali dengan paus \\\'baby baby\\\' yang berhasil di tengah-lautkan di Karawang. Paus sudah mengeluarkan bau busuk dan darah.

Para aktivis memperkirakan ada beberapa kemungkinan kenapa paus itu bisa terdampar lagi. Namun karena paus itu masih anakan, dia kehilangan induknya. Lalu, selama paus itu berada di darat selama empat hari, ada dugaan mengalami keracunan ginjal hingga akhirnya mati.




(mad/nrl)
Ikuti informasi penting, menarik dan dekat dengan kita sepanjang hari, di program "Reportase Sore" TRANS TV, Senin sampai Jumat mulai pukul 14.30 - 15.00 WIB
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed