DetikNews
Senin 11 Jun 2012, 14:48 WIB

Polda Bengkulu Tangkap 5 Calo Akpol Asal Cianjur

- detikNews
Jakarta - Polda Bengkulu menangkap 5 orang pegawai swasta yang mengaku mampu meluluskan peserta Akademi Kepolisian (Akpol) tanpa ujian. Syaratnya, peserta mampu menyediakan Rp 150-300 juta.

\\\"Yang bersangkutan mengaku atas nama Kabiro SDM Polda Bengkulu, mengaku bisa membantu, menjamin kelulusan anaknya,\\\" kata Karo Penmas Polri, Brigjen Pol M Taufik, di Jakarta, Senin (11\/6\/2012).

Modus yang dilakukan 5 tersangka adalah dengan meminta sejumlah uang kepada korbannya senilai ratusan juta.

\\\"Pelaku meyakinkan korbannya dengan menyiapkan sejumlah rupiah, ada Rp 300 juta bahkan 150 juta,\\\" ungkap Taufik.

Lima tersangka tersebut adalah AA, T, H, A alias N, A alias U, dan AI alias I. Mereka mencari korbannya melalui data peserta yang ada di situs kepolisian. Dari data yang didapatkan kelompok tersebut, mereka menelepon korbannya yang ada di Bengkulu.

\\\"Korban sudah sempat menyerahkan uangnya sebanyak Rp 150 juta,\\\" kata Taufik.

Berdasarkan pemberitaan serupa yang pernah dilansir Polri, korban akhirnya melapor ke pihak berwajib. Setelah diselidiki, para pelaku berada di Karang Tengah, Cianjur, Jawa Barat.

\\\"Kelimanya ditahan di Polda Bengkulu untuk pemeriksaan,\\\" jelas Taufik.

Taufik menyarankan masyarakat untuk tidak mempercayai iming-iming apapun dari pihak-pihak yang mengaku dapat meloloskan putra-putrinya masuk Akpol.

\\\"Penerimaan tidak dipungut biaya apapun. Semuanya bergantung dari kecakapan penilaian yang bersangkutan,\\\" jelas Taufik.

Sebelumnya, seorang perempuan ditangkap pihak kepolisian karena mengaku kerabat Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna. Dia mengaku mampu meloloskan anak korbannya untuk masuk Akademi Kepolisian.


(ahy/rmd)
Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi", Senin - Jumat pukul 04.15 - 05.00 WIB, dan Sabtu - Minggu pukul 04.00 - 05.00 WIB hanya di Trans TV
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed