DetikNews
Minggu 15 Apr 2012, 13:50 WIB

Survei Puskaptis: Foke-Nara Paling Diterima Warga DKI

- detikNews
Survei Puskaptis: Foke-Nara Paling Diterima Warga DKI
Jakarta - Pasangan Fauzi Bowo (Foke)-Nachrowi Ramli (Nara) masih terpopuler di mata masyarakat Jakarta. Tingkat penerimaan pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta tersebut di kalangan warga Ibukota masih cukup tinggi.

Hal itu berdasarkan temuan dalam survei yang dilakukan Pusat Kajian dan Pembangunan Stategis (Puskaptis) pada 2-7 April 2012 lalu. Survei ini menggunakan teknik multistage random sampling dengan 1.250 responden berumur di atas 16 tahun atau sudah menikah. Metode survei dilakukan melalui tatap muka dengan kuisioner.

\\\"Hasil survei persepsi dan perilaku publik terhadap pelaksanaan pilkada gubernur DKI Jakarta 2012. survei tren elektabilitas ini dilakukan setelah pendaftaran pasangan calon gubernur ke KPU. Hasilnya, pasangan Foke-Nara masih cukup tinggi,\\\" papar Direktur Puskaptis, Husin Yazid, dalam jumpa pers di Sate Senayan, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Minggu (15\/4\/2012).

Berdasarkan survei itu, elektabilitas Foke-Nara mencapai 47,22 persen. Posisi ke-2 pasangan Jokowi-Ahok dengan elektabiliats 15,16 peren. Disusul Hidayat Nurwahid-Didik J Rachbini 10,28 persen, Faisal Basri-Biem Benyamin 3,17 persen, Alex Noerdin-Nono Sampono 2,31 persen, dan Hendarji Supanjdi-A Riza Patria 1,55 persen.

Sebelum survei bulan April tersebut, Husein menjelaskan Puskaptis melakukan survei awal di bulan Januari 2012.

\\\"Salah satu pertanyaannya, apakah ibu bapak pernah mendengar atau mengenal nama-nama di bawah ini atau tidak. Jika pernah mendengar, apakah anda suka,\\\" kata Husin.

Hasilnya, 96,14 persen responden mengaku mengenal Fauzi Bowo dan 51,52 persen mengaku suka gubernur DKI tersebut. Di urutan kedua, ada 61,31 persen yang mengaku kenal Fadel Muhammad dan mengaku suka 33,38 persen. Selanjutnya 57,90 persen mengaku kenal dengan Prijanto dan 35,52 persen mengaku suka.

Selanjutnya, 23,41 persen mengaku kenal Faisal Basri dan hanya 12,14 persen mengaku suka. Sisanya berturut-turut disusul Hendardji Supanjdi, Nachrowi Ramli, dan Nono Sampono.


(rmd/vit)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed