DetikNews
Selasa 27 Mar 2012, 06:14 WIB

2 WN China Tertangkap Curi Uang Milik Penumpang di Pesawat Garuda

- detikNews
Jakarta - Pencurian di tempat umum semakin nekat saja. Tidak hanya di terminal, mal atau bus kota, pencuri kini makin berani dengan melakukan aksinya di atas pesawat. Seperti yang baru saja terungkap, dua pria WN China tertangkap basah mencuri tas berisi uang milik penumpang pesawat Garuda.

\\\"Pelakuanya dua orang pria berinisial ZN dan ZB. Keduanya WN China semua,\\\" kata Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes Reynhard Silitonga kepada detikcom, Senin (26\/3\/2012).

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (23\/3) lalu. Keduanya tertangkap mencuri sejumlah uang milik WN Indonesia bernama William dan Girrish.

\\\"Kejadiannya di pesawat Garuda. Korban saat itu sedang tidur pulas di pesawat,\\\" katanya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Roberto menjelaskan bahwa peristiwa itu terjadi di atas pesawat GA 863 Hongkong-Jakarta. Kedua korban saat itu menaruh tasnya di kabin bagasi.

\\\"Saat tidur, pelaku membuka kabin bagasi penumpang. Kemudian mereka mengambil seadanya barang yang terdapat di dalam kabin pesawat,\\\" ujar Roberto.

Pelaku membuka koper korban kemudian mengambil uang korban yang terdiri dari uang pecahan 100 RMB sebanyak 50 lembar dan pecahan 50 RMB sebanyak 20 lembar serta uang sebesar 1.000 USD.

Sesampainya di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, kedua korban baru menyadari bahwa uangnya telah hilang. Kedua korban kemudian melaporkan hal tersebut ke petugas Avsec Garuda.

\\\"Petugas Avsec Garuda melakukan penggeledahan terhadap kedua penumpang yang dicurigai berdasarkan laporan crew pesawat Garuda. Lalu saat digeledah ditemukan uang 50 lembar pecahan 100 RMB dan 20 lembar pecahan 50 RMB dalam dompet ZH yang kemudian dicocokan no seri uang dengan sisa uang yang masih dimiliki korban ternyata urutan no serinya sama,\\\" jelasnya.

Dari keterangan pelaku, keduanya juga mencuri uang milik Girrish sebanyak 1.000 USD. Petugas Avsec Garuda kemudian menyerahkan kedua pelaku ke Polres Bandara Soekarno-Hatta untuk diproses.

\\\"Pelaku mengakui perbuatannya, tetapi proses hukum tetap berjalan,\\\" pungkasnya.



(mei/van)
Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam", Senin sampai Jumat pukul 00.30 - 01.00 WIB, hanya di Trans TV
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed