DetikNews
Jumat 02 Mar 2012, 12:45 WIB

Kapolri Lantik 8 Kapolda Baru

- detikNews
Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo melantik 8 Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda). Bukan hanya, pejabat wilayah di kepolisian daerah, beberapa pejabat di Mabes Polri turut dalam rotasi tersebut.

Sesuai dengan Telegram Rahasia Kapolri nomor ST\/379\/II\/2012, kapolda yang dirotasi adalah Kapolda Bali, Kapolda Kalimantan Tengah, Kapolda Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kapolda Sulawesi Utara, Kapolda Maluku Utara, Kapolda Riau, dan Kapolda Kepulauan Riau.

Irjen Pol Budi Gunawan yang menjabat Kadiv Propam Polri akan menduduki jabatan Kapolda Bali menggantikan Irjen Pol Totoy Herawan. Totoy selanjutnya menduduki jabatan baru sebagai staf ahli Kapolri bidang manajemen.

Tongkat komando Kapolda Kalimantan Tengah beralih dari tangan Brigjen Pol Damianus Jackie ke Brigjen Pol Bachtiar Hasanudin. Jackie dimutasikan sebagai Pati Mabes Polri. Bachtiar sendiri sebelumnya adalah Kepala Biro Pengendalian Operasi Mabes Polri.

Kapolda Sulawesi Tenggara yang dijabat Brigjen Pol Sigit Sudarmanto juga dirotasi. Sigit digantikan Brigjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya sebelumnya menjabat Direktur Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK).

Kapolda Maluku Utara turut dalam pergantian. Brigjen Pol Erlan Lukman Nulhakim digantikan oleh Brigjen Pol Erlan Affan Richwanto.

Tongkat komando Kapolda Kepulauan Riau beralih dari tangan Brigjen Pol Budi Winarso ke tangan Brigjen Pol Jotje Mende.

Kapolda Sulawesi Selatan yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Johny Wainal digantikan Irjen Pol Mudji Waluyo. Mudji saat ini menjabat Kadiv Hukum Polri. Sementara Johny Wainal dipindah ke Mabes Polri menjadi Wakil Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri.

Kapolda Sulawesi Utara yang sebelumnya dijabat Brigjen Carlo Tewu digantikan kepada Brigjen Dicky A Totoy. Carlo ditugaskan menjadi Kepala Biro Pengkajian Strategi Polri.

Kapolda Riau saat ini Brigjen Pol Suedi Husein juga akan diganti oleh Kombes Pol Agus Sofyan Abadi.

Jabatan pejabat utama Mabes Polri yang mengalami pergantian adalah Kepala Korps Lalulintas Polri Irjen Pol Djoko Susilo yang digantikan oleh Irjen Pol Mudji Hartanto.

\\\"Semua berangkat dari integritas, kompetensi. Diharapkan dengan adanya pejabat baru di kewilayahan dapat meningkatkan langkah-langkah di lapangan. Apalagi permasalahan di lapangan sekarang banyak,\\\" kata Timur usai Sertijab di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Jumat (2\/3\/2012).

Permasalahan yang dimaksudnya tersebut adalah maraknya konflik sosial yang muncul di masyarakat seperti kasus Mesuji dan Bima.

\\\"Ke depan ini harus diantisapsi oleh para Kapolda,\\\" tegas Timur.



(ahy/nrl)
Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV
Komentar ...
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed