DetikNews
Selasa 21 Feb 2012, 15:25 WIB

Ancam Sebar Foto Syur Seorang WNA, Eks PNS Ditangkap Polisi

- detikNews
Jakarta - Mabes Polri menangkap seorang bekas PNS asal Jateng karena melakukan pembajakan email milik seorang warga negara asing. Bukan hanya itu, pelaku berinisial BA (32), ini berupaya memeras dan mengancam menyebarkan foto-foto syur korbannya ke publik.

\\\"Bila korban tidak menyerahkan uang Rp 500 juta kepada tersangka, maka foto-foto pribadi korban akan disebarluaskan melalui twiter, online,\\\" kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution, Selasa (21\/2\/2012).

Penangkapan bermula dari laporan seorang WNA pada 6 Februari 2012 ke Direktorat Khusus Cyber Crime Mabes Polri. Korban mengaku akun email yang dimilikinya dibajak oleh orang tidak dikenal.

\\\"Yang bersangkutan juga mengaku diancam orang tidak dikenal,\\\" papar Saud yang didamping Kanit I Cyber Crime Direktorat Tindak Pidana Khusus, Kombes Pol Tommy Watuliu.

Polisi kemudian mulai melacak. Dari petunjuk yang terlacak itu, polisi dalam waktu 2 hari menangkap eks PNS tersebut di Wonosobo.

\\\"Dari pemeriksaan tersangka mengakui perbuatannya,\\\" jelas Saud.

Di tempat sama Tommy menjelaskan, modus yang dilakukan pelaku adalah dengan cara mencari secara acak email korbannya. Tersangka kemudian membajak email tersebut lalu mengirimkan pesan kepada korban melalui akun lain email korban.

\\\"Antara korban dan tersangka tidak saling mengenal,\\\" jelas Tommy.

Dalam setiap aksi, tersangka selalu melakukan di warnet-warnet sekitar kediamannya. \\\"Dia ditangkap saat sedang online,\\\" ujarnya.

Tommy meminta masyarakat berhati bila menerima spam email yang menggiring pemilik akun email meng-klik direktori yang otomatis membuka password pengguna.

\\\"Berhati-hati menerima spam email,\\\" imbau Tommy.

Polisi terus mendalami modus tersangka yang mengaku baru sekali melakukan tindak pidana cybercrime.

\\\"Bisa saja dijadikan penipuan, kita masih menyelidikinya,\\\" kata Tommy.


(ahy/nal)
Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam", Senin sampai Jumat pukul 00.30 - 01.00 WIB, hanya di Trans TV
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed