DetikNews
Rabu 19 Oct 2011, 18:16 WIB

Akan Ada Dirjen Kebudayaan di Kemdikbud

- detikNews
Akan Ada Dirjen Kebudayaan di Kemdikbud
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh mempersiapkan sejumlah penyesuaian dengan perubahan nama kementeriannya. Salah satunya adalah penambahan jabatan baru yakni Direktorat Jenderal (Dirjen) Kebudayaan.

Mendikbud,M Nuh memaparkan sejumlah penyesuaian yang akan dilakukan kementeriannya dalam beberapa bulan ke depan. Penyesuaian pertama, terkait dengan keorganisasian.

Nuh mengatakan, penyesuaian pertama yang akan dilakukan yakni perubahan di bidang ke organisasian. Ada dua dirjen yang sebelumnya berada di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), kini bernama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang akan ditarik untuk bergabung dengan Kemdikbud.

Dua Dirjen itu yakni Dirjen Nilai Sejarah dan Purbakala serta Dirjen Nilai Seni, Budaya dan Film.

\\\"Dua Direktorat Jenderal itu nanti akan masuk di dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ke dalam Direktorat Jenderal Kebudayaan. Dua Direktorat Jenderal kita merger jadi satu Direktorat Jenderal. Itu harus kita selesaikan urusan keorganisasiannya,\\\" ujar Nuh kepada wartawan di kantornya, Jl Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (19\/10\/2011).

Penyesuaian kedua, lanjut Nuh, terkait dengan urusan kepegawaiannya. Dimana persoalan sumber daya manusia bagi Direktorat Jenderal yang baru juga akan disesuaikan.

\\\"Karena kepegawaian ini penting, harus jelas, karena terkait juga mulai dari gaji dan seterssnya,\\\" ucapnya.

Penyesuaian ketiga, terkait dengan tugas pokok fungsi (tupoksi) Kemdikbud usai berganti nama. Terlebih dengan adanya Direktorat Jenderal Kebudayaan yang baru, perlu dirumuskan tupoksi yang baru agar setiap kinerja bisa terukur.

\\\"Tupoksi yang baru tadi itu, apa ukuran keberhasilan kinerja yang akan datang, tentu berubah. Kita tidak ingin menambah struktur organisasi, tapi tdak ada ukuran keberhasilan atau program utamanya. Oleh karena itu, dalam tahun 2011 harus disusun tupoksi yang baru,\\\" terang Nuh.

Penyesuaian keempat, terkait penyusunan anggaran Kemdikbud yang akan dimasukkan dalan APBN 2012 mendatang. Dengan adanya struktur organisasi yang baru, tentu anggaran untuk Kemdikbud akan semakin bertambah.

\\\"Kita harus segera menyusun anggaran, APBN di 2012 nanti, di mana kita sudah memasukkan organisasi yang baru itu,\\\" tutur Nuh.

Nuh menambahkan, empat penyesuaian tersebut akan dibahas dalam waktu sesegera mungkin. \\\"Empat (penyesuaian) itu harus diselesaikan dalam waktu 2 bulan ini, karena di DPR secara umum sudah memberi persetujuan nama dari Kemdiknas menjadi Kemdikbud,\\\" tandasnya.


(nvc/gun)
Array
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed