DetikNews
Minggu 09 Oct 2011, 20:09 WIB

Laporan Dari Arab Saudi

Senin, Jamaah Calon Haji Mulai Tinggalkan Madinah Menuju Makkah

- detikNews
Senin, Jamaah Calon Haji Mulai Tinggalkan Madinah Menuju Makkah
Jakarta - Jamaah haji gelombang I saat ini terkosentrasi di Madinah untuk menunaikan salat arbain (salat 40 waktu). Perpindahan ke Makkah akan dimulai Senin petang esok, diawali oleh kloter 1 BTH (Jambi) dan kloter 1 JKS (Kab Tasikmalaya).

\\\"Batas akhir pelaksanaan arbain untuk BTH 1, Senin (10\/10) shalat ashar, maka begitu zhuhur, jemaah kloter itu sudah mengemas barang-barangnya untuk dibawa ke bus. Untuk JKS 1, akan diberangkatkan setelah magrib,\\\" kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Akhmad Jauhari di Kantor Misi Haji Indonesia, Madinah, Arab Saudi, Minggu (9\/10\/2011).

Akhmad Jauhari menegaskan pergeseran jamaah haji Indonesia dari Madinah ke Makkah sesuai dengan bayan tarhil atau bentuk kesepakatan memenuhi masa tinggal yang dikeluarkan pihak majmuah yang disetujui ketua kloter untuk memulai penghitungan waktu salat arbain.

\\\"Nantinya Kasi Bimbingan Ibadah akan menghitung, betul tidaknya jamaah haji itu sudah mencapai 40 waktu salat selama di Madinah,\\\" kata Akhmad.

Penghitungan masa dimulai dan berakhirnya salat arbain tak selamanya berlangsung mulus. Majmuah, korporasi pengurus haji di Saudi, seringkali berbeda pendapat dengan ketua kloter maupun Kasi Bimbingan Ibadah terkait perhitungan itu.

\\\"Biasanya ada perbedaan pandangan, tapi akhirnya ada titik temu antara ketua kloter dan majmuah,\\\" ujarnya.

Akhmad mengatakan bahwa sebagian kecil jemaah tidak bisa penuh melaksanakan arbain karena faktor sakit, tersesat jalan atau pun karena faktor lain. Biasanya, selama di Madinah setiap kloter akan memenuhi masa tinggal antara 8-9 hari guna melengkapi salat 40 waktu.

Dalam perjalanan ke Makkah, jamaah akan mampir ke Masjid Bir Ali untuk miqot (berniat melaksanakan umroh). Di sini jamaah bisa berganti kain ihrom atau bila sudah memakai ihrom dari hotel, bisa langsung mengikrarkan niat.

Masjid Bir Ali terletak 20 menit dari Masjid Nabawi. Setelah berniat umroh, jamaah akan naik bus lagi menuju Makkah, berjarak 450 km atau 6-7 jam perjalanan. Dan sejak itulah jamaah harus mematuhi larangan ihrom. Setiba di Makkah, jamaah langsung umroh. Selesai tahalul, sebagai prosesi akhir umroh, mereka kembali memakai baju biasa lagi, hingga menunggu puncak haji pada November nanti.

Kloter 1 JKS berisi 449 jamaah haji Indonesia asal Tasikmalaya, Jawa Barat, dan tiba di Madinah Minggu (2\/10) pukul 02.00 waktu setempat. Adapun BTH 1 merupakan jamaah dari Provinsi Jambi yang terbang dari embarkasi Batam. Kloter ini merupakan jamaah haji Indonesia yang pertama mendarat di Madinah. Perpindahan mereka ke Makkah akan diikuti oleh kloter-kloter yang lain.

\\\"Daker Madinah adalah Daker yang unik, karena melayani kedatangan jamaah dari Bandara Jedddah dan Madinah dan saat bersamaan melayani keberangkatan jamaah dari Madinah ke Makkah,\\\" ujar Jauhari.


(nrl/lh)
Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi", Senin - Jumat pukul 04.15 - 05.00 WIB, dan Sabtu - Minggu pukul 04.00 - 05.00 WIB hanya di Trans TV
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed