DetikNews
Jumat 01 Jul 2011, 07:11 WIB

Kapolri Peringati HUT Bhayangkara di Aceh, Wakapolri di Jayapura

- detikNews
Jakarta - Peringatan HUT Polri tahun 2011 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya peringatan diisi upacara yang dipusatkan di satu titik, namun kali ini pejabat Polri mengikuti upacara di sejumlah tempat.

Kabagpenum Polri Kombes Pol Boy Rafli Amar mengatakan, Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan menghadiri upacara peringatan HUT Polri di Aceh. Sementara Wakapolri Komjen Pol Nanan Soekarna akan menjadi inspektur upacara di Jayapura.

\\\"Dalam rangka HUT 1 Juli Kapolri akan menjadi Inspektur Upacara di Polsek Uleu Leu Banda Aceh, sedangkan Wakapolri akan menjadi Irup di Jayapura dan Irwasum Polri akan menjadi Irup di Kupang NTT,\\\" kata Boy melalui pesan singkat, Jumat (1\/7\/2011).

Upacara akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. \\\"Kegiatan selesai upacara dilanjutkan syukuran dan tatap muka dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama,\\\" jelasnya.

1 Juli Tahun 2011 merupakan ulang tahun Polri ke-65. Peringatan HUT Bhayangkara ini juga diikuti mutasi sejumlah pejabat Polri dan para Kapolda.

Dalam Surat Telegram Rahasia (STR) bernomor STR\/1334\/VI\/2011 tanggal 30 Juni, Kabareskrim Komjen Pol Ito Sumardi digantikan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Sutarman.

Jabatan Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman digantikan oleh Irjen Untung Suharsono Radjab. Untung sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur.

Pengganti Untung sebagai Kapolda Jawa Timur yakni Irjen Hadiatmoko. Hadiatmoko sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Bali.

Sedangkan Kapolda Bali kini dijabat oleh Irjen Totoy Herawan Indra yang sebelumnya menjabat sebagai perwira tinggi Polri.

Kapolda Jawa Tengah yang semula diduduki oleh Irjen Edward Aritonang, kini giantikan oleh Irjen Didiek Sutomo Triwidodo. Sementara Edward diangkat dalam jabatan baru sebagai Koorsahli Kapolri.

Kapolda Sumatera Selatan diduduki oleh Irjen Didik Mulyana Arief. Jabatan itu sebelumnya dipegang oleh Irjen Hasyim Irianto.

Selain jabatan Kapolda, dalam TR tersebut juga terdapat sejumlah jenderal lainnya yang dimutasi, seperti Irjen Badrodi Haiti yang semula menjabat sebagai Koorsahli Kapolri kini diangkat jadi Asops Kapolri.

Irjen Sunarko Danu Ardianto yang sebelumnya menjabat Asops Kapolri dimutasikan jadi perwira tinggi dalam rangka pensiun. Begitu pula dengan Irjen Rismawan yang semula menjabat sebagai Wairwasum Mabes Polri dimutasikan sebagai perwira tinggi Polri dalam rangka pensiun.

Posisi Wairwasum digantikan oleh Irjen Hasyim Irianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan.


(ape/mad)
Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB
Komentar ...
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed