DetikNews
Kamis 09 Jun 2011, 16:57 WIB

Calon KSAD

TNI AD: Letjen Budiman Baru Pensiun 3 Tahun Lagi

- detikNews
TNI AD: Letjen Budiman Baru Pensiun 3 Tahun Lagi
Jakarta - TNI AD mengklarifikasi pernyataan anggota Partai Demokrat di DPR soal masa pensiun Wakil KSAD Letjen Budiman. Sesuai dengan aturan TNI, masa pensiun perwira tinggi adalah 58 tahun. Jadi baru tiga tahun lagi salah satu kandidat KSAD itu pensiun.

\\\"Itu perlu kami luruskan. Letjen Budiman itu bukan mau pensiun. Beliau kelahiran 25 September 1956. Jadi tidak benar kalau dikatakan beliau akan segera pensiun. Masih sekitar 3 tahun lebih lagi,\\\" ujar Kadispen TNI AD, Brigjen TNI Wiryantoro, kepada detikcom, Kamis (9\/6\/2011).

Wiryantoro meminta agar komentar disesuaikan dengan data-data yang ada dan semua pihak mengklarifikasi sebelum berkomentar. Dia juga meluruskan bahwa Letjen Pramono Edhie Wibowo adalah lulusan Akabri tahun 1980 bukan 1981.

\\\"Kita yang ada datanya. Letjen Budiman adalah lulusan terbaik tahun 1978 dan peraih Adimakayasa,\\\" terang dia.

Menurut Wiryantoro calon pengganti KSAD saat ini sedang digodok di Wanjakti. Namun sesuai aturan, pemilihan KSAD tidak melibatkan DPR.

\\\"Hanya Panglima TNI yang lewat DPR. Kalau KSAD itu hak Presiden,\\\" kata jenderal bintang satu ini.

Sebelumnya politisi PD Yahya Sacawirya berbicara soal dukungan Fraksi demokrat pada Pramono Edhie Wibowo.

Kita harus melihat jauh ke depan. Misalnya Pramono Edhie lulusan 1981. Sudah cukup senior di TNI. Sudah layak, apalagi melalui jenjang karier pertama sebagai Dan Kopassus lalu Pangdam lalu Pangkostrad,\\\" terang Yahya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (7\/6).

Yahya menambahkan, Wakil KSAD Letjen Budiman lebih senior dibandingkan Pramono. Budiman lulusan 1978 dan lulusan terbaik.

\\\"Wakil KSAD sekarang kan lebih senior, dia angkatan 1978. Sudah waktunya dia pensiun. Jadi peluang menjadi KSAD kecil,\\\" kata Yahya.

Berdasarkan penelusuran detikcom, pernyataan tersebut keliru. Budiman lebih muda dibanding Pramono, meski Budiman lebih dulu masuk dan lulus dari Akabri. Budiman lahir tanggal 25 September 1956 dan merupakan alumnus Akabri tahun 1978. Sementara Pramono walau merupakan junior Budiman, tetapi usianya lebih tua. Pramono lahir tanggal 5 Mei 1955.



(rdf/nrl)
Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi", Senin - Jumat pukul 04.15 - 05.00 WIB, dan Sabtu - Minggu pukul 04.00 - 05.00 WIB hanya di Trans TV
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed