DetikNews
Follow detikcom Like Follow
Senin 09 May 2011, 19:41 WIB

Kronologi Kecelakaan Pesawat MA-60 Versi Merpati

- detikNews
Kronologi Kecelakaan Pesawat MA-60 Versi Merpati
Jakarta - Pesawat Merpati Nusantara jenis MA 60 dengan tujuan Sorong - Kaimana terjatuh pada hari Minggu pukul 15.15 WIT, di perairan Teluk Kaimana, Papua Barat. Akibat insiden ini, seluruh penumpang yang berjumlah 27 orang dinyatakan tewas.

Berikut ini kronologi jatuhnya pesawat Merpati jenis MA 60 menurut Direktur Utama Merpati Airlines, Sardjono Jhony Tjitrokusumo dalam jumpa pers di Kantor Merpati, Jl Angkasa, Jakarta Pusat, Senin (9\/5\/2011).

Sabtu, 7 Mei 2011 <\/strong>

Pesawat berangkat dari Jayapura menuju Sorong. Pesawat tiba di Sorong pada pukul 12.05 WIT.

Sabtu, 7 Mei 2011 pukul 12.40 WIT <\/strong>

Pesawat kembali melanjutkan perjalanannya menuju Kaimana, Papua Barat. Diperkirakan, pesawat akan tiba di Kaimana pada pukul 14.10 WIT.

\\\"Di Kaimana ada dua landasan yang dimungkinkan untuk pesawat ini melakukan pendaratan yaitu landasan 01 dan 19. Kondisi di sekitar landasan saat itu sedang turun hujan,\\\" kata Sardjono.

Sabtu, 7 Mei 2011 pukul 13.46 WIT<\/strong>

Pesawat datang dari arah Sorong, tiba di perairan Kaimana, cuaca saat itu, anginnya kalem dengan jarak pandang 2 kilometer. Dua puluh menit sebelum sampai di Kaimana, ada sebuah pesawat dari maskapai lain yang melakukan pendaratan lebih awal dan berhasil mendarat meskipun kondisi tengah hujan. Dengan jarak pandang yang pendek, pesawat akhirnya berputar-putar pada ketinggian 5.000 kaki. Setelah itu pesawat hilang kontak.

Sampai saat ini pihak maskapai belum berkenan memberitahu penyebab kecelakaan. \\\"Tanpa mendahului KNKT saya tidak mau menyebutkan penyebab kecelakaannya,\\\" imbuh Sardjono.

Dalam jumpa pers ini, Sardjono didampingi Direktur Niaga Merpati, Toni Aulia, Direktur Operasional Merpati Asep Eka Nugraha, dan Direktur Keuangan Merpati Farid Lutfi, serta 10 pilot Merpati jenis MA.




(lia/nvt)
Komentar ...
News Feed