DetikNews
Rabu 09 Feb 2011, 10:59 WIB

Vila Langgar Kesucian Pura Uluwatu

DPRD Badung Desak Revisi Perda RTRW Bali

- detikNews
Jakarta - DPRD Badung mendesak Gubernur Bali Made Mangku Pastika menunda penerapan dan merevisi Perda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Bali. Jika Perda itu dilaksanakan, maka puluhan hotel di Bali akan terancam dibongkar.

\\\"Terkait surat gubernur, kita meminta agar menunda penertiban itu. Perlu revisi Perda No 16 Tahun 2009 tentang Rencana RTRW Bali 2009-2029,\\\" kata Ketua DPRD Badung, Made Sumer kepada detikcom melalui telepon, Rabu (9\/2\/2011).

Sumer menilai, jika Perda RTRW dilaksanakan secara murni, maka puluhan hotel di Uluwatu dan Kuta akan terancam dibongkar.

\\\"Dapat dibayangkan jika Perda RTRW itu dilaksanakan secara murni, siapa yang ganti rugi jika Hotel Bvlgari meminta ganti rugi triliunan rupiah jika dibongkar,\\\" kata Sumer.

Puluhan hotel di Kuta pun, menurut Sumer, akan dinyatakan melanggar sempadan pantai. \\\"Berapa hotel di Kuta yang melanggar sempadan pantai. Penertiban sulit dilakukan karena banyak hotel yang harus dibongkar. Berapa ganti rugi semuanya. Ini sangat meresahkan masyarakat,\\\" katanya.

Sumer menambahkan jika membongkar vila dan restoran di kawasan Uluwatu harus ada aturan pembongkaran, seperti besaran dan siapa yang bertanggungjawab memberikan ganti rugi.

Untuk itu, DPRD Badung meminta Gubernur Pastika menunda penegakan Perda RTRW kemudian merevisinya sehingga pelaksanaan menjadi serasi dan harmonis.

\\\"Kita juga mendukung sikap Bupati Badung Anak Agung Gde Agung untuk mendukung surat pernyataan bupati\/wali kota se-Bali yang meminta revisi Perda RTRW Bali,\\\" katanya.

Sebelumnya, Gubernur Bali Pastika mendesak Bupati Badung Anak Agung Gde Agung menertibkan vila dan restoran yang melanggar tata ruang kawasan suci Pura Uluwatu, Jimbaran.

Permintaan itu disampaikan Pastika dalam suratnya kepada Gde Agung tertanggal 14 Januari 2011. Pastika mengatakan untuk mewujudkan penataan ruang yang tertib maka pemanfaatan ruang di kawasan suci Uluwatu harus sesuai dengan peruntukannya.

Vila dan restoran yang berdiri di radius lima kilometer dari Pura Uluwatu dinyatakan melanggar kawasan tempat suci. Gubernur Bali mengeluarkan daftar 25 vila, restoran, dan rumah yang melanggar Perda No 16 Tahun 2009 tentang rencana RTRW Bali 2009-2029.


(gds/rdf)
Array
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed