DetikNews
Senin 31 Jan 2011, 09:22 WIB

Laporan Dari Mongolia

Mongolia dalam Selimut Putih

- detikNews
Mongolia dalam Selimut Putih
Ulaanbaatar - Sejauh mata memandang, Mongolia bak tertutup selimut putih. Salju di mana-mana. Maklum, pada Januari 2011 ini, Mongolia masih mengalami musim dingin.

Salju menumpuk di pinggir-pinggir jalan. Sungai pun tak lagi berisi air, melainkan salju. Pohon-pohon kehilangan daunnya.

Temperatur udara sangat dingin. Rata-rata minus 16 derajat Celcius hingga minus 25 derajat Celcius. Dingin dan kering. Konon musim dingin pada akhir Januari ini merupakan yang terdingin sepanjang tahun. Brrr...

Selimut putih yang menutupi Mongolia terlihat sejak detikcom menginjakkan kaki pertama kali ke tanah Chinggis Khan (Indonesia mengenalnya sebagai Jenghis Khan) ini pada 23 Januari 2011 lalu. Tumpukan salju menggunung di sekitar tempat parkir Bandara Internasional Chinggis Khan.

Sepanjang jalan menuju Chinggis Khan Hotel di tengah kota Ulaanbaatar, hamparan salju terlihat begitu jelas. Ketika detikcom berkesempatan mengunjungi bukit Zaisan yang berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Ulaanbaatar, selimut putih yang menutupi kota semakin jelas.

Sungai yang mengair di tengah kota, tak jauh dari Hotel Chinggis Khan pun tak lagi tampak airnya. Salju menutupi permukaan sungai itu.

Saking dingin dan keringnya udara, bagi yang tidak terbiasa tentu kulit dan bibirnya akan mudah kering dan terluka. Karena itu pelembab menjadi sangat penting keberadaannya.

Selama hampir sepekan detikcom di Ulaanbaatar sejak 23 Januari lalu, hujan salju tidak turun. Meski begitu tumpukan salju masih terlihat di mana-mana. Tidak heran hal itu justru dimanfaatkan beberapa bocah untuk bermain ski.

Cuaca dingin di Mongolia memang tidak cukup bersahabat bagi orang-orang yang berasal dari daerah hangat atau panas. Namun seorang penduduk setempat, Dulguun Batbold, berpesan agar jangan kapok pergi ke Mongolia.

\\\"Datanglah saat musim panas nanti. Saat musim panas di sini memang tidak panas, namun semua akan tampak hijau. Indah sekali,\\\" promosinya.

Mongolia adakah negara yang terletak di Asia Timur. Ibu kota negara ini adalah Ulaanbaatar. Luas negara ini adalah 1.565.000 km persegi. Di sebelah selatan, negara ini berbatasan dengan Cina dan Rusia di sebelah utara. Sebagian besar wilayahnya merupakan padang rumput dan pegunungan. Mongolia memiliki iklim gurun pasir dan iklim kontinental dengan musim dingin yang lama dan musim panas yang pendek. Saat musim dingin tiba, padang rumput dan pegunungan ini tertutup salju putih.


(vit/nrl)
-
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed