DetikNews
Selasa 23 Nov 2010, 13:17 WIB

Presiden: Jumlah Penduduk Miskin di Indonesia 31 Juta Jiwa

- detikNews
Presiden: Jumlah Penduduk Miskin di Indonesia 31 Juta Jiwa
Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersyukur jumlah penduduk miskin dari tahun ke tahun di Indonesia terus berkurang. 6 Tahun terakhir, persentase penduduk miskin terus menurun.

\\\"Pada tahun 2004 jumlah penduduk miskin 16,66 persen atau sekitar 30 juta jiwa,\\\" kata SBY.

Hal tersebut dia sampaikan dalam sambutannya di acara Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara 2010 di Gedung Manggala Wanabakti Departemen Kehutanan, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (23\/11\/2010).

Pada tahun 2005 menurut SBY angka kemiskinan berkurang menjadi 16 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Namun pada 2007 seiring dengan naiknya harga minyak dunia, jumlah penduduk miskin di Indonesia melonjak menjadi 39 juta orang.

\\\"Karena krisis minyak, jumlah penduduk miskin mencapai 17,75 persen atau 39
jutaan,\\\" sebut SBY.

Sementara pada tahun 2010 ini, persentase jumlah penduduk miskin berkurang jadi 13,33 persen saja atau sekitar 31 juta jiwa.

\\\"Dengan catatan  jumlah penduduk terus bertambah,\\\" ujarnya sambil menambahkan jumlah penduduk Indonesia berdasarkan sensus 2009 sebanyak 237 juta jiwa.

Di Amerika Serikat yang notabene adalah negara maju saja, menurut SBY jumlah penduduk miskin mencapai 35 juta.

\\\"Tapi kan income mereka lebih tinggi? Benar, tapi biaya hidup mereka jauh lebih tinggi,\\\" imbuhnya.

SBY menjelaskan, definisi kemiskinan seperti yang selama ini dikatakan PBB bukan hanya soal pendapatan per kapita saja. Melainkan banyak faktor lain.

\\\"Tapi ada lapar, tak ada tempat berteduh, sakit dan tak bisa sekolah,\\\" papar SBY.

Atas dasar itulah, pemerintah mengupayakan berbagai program agar masyarakat bisa tetap sekolah, berobat ke dokter meski tidak mampu melalui program Jamkesmas, serta program-program lainnya yang pro terhadap orang miskin. SBY mengajak kepada para perempuan untuk bersama pemerintah membantu mengentaskan kemiskinan.


(anw/gun)
Array
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed