DetikNews
Senin 15 Agustus 2016, 16:55 WIB

KA Singosari Ekspress Diluncurkan

Imam Wahyudiyanta - detikNews
KA Singosari Ekspress Diluncurkan KA Singosari Ekspress/Foto: Imam Wahyudiyanta
Surabaya - Setiap akhir pekan (Jumat, Sabtu, Minggu), kereta api yang menuju ke Malang dari Surabaya selalu penuh. Melihat antusiasme penumpang tersebut, PT KAI Daops 8 Surabaya meluncurkan satu kereta baru lagi untuk jurusan Surabaya-Malang PP.

Kereta baru itu adalah Singosari Ekspress. Kereta baru ini akan melayani penumpang jurusan Malang hanya pada Jumat, sabtu, dan Minggu. Di luar itu, jurusan Surabaya-Malang dilayani oleh KA Bima, Jayabaya Selatan, dan Penataran.

"Nama rangkaiannya memang baru, tetapi keretanya bukan kereta baru," ujar Manager Humas Daerah PT KAI Daops 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko kepada detikcom, Senin (15/8/2016).

Gatut mengatakan, KA Singosari Ekspress menggunakan gerbong idle (tak digunakan) dari KA Mutiara Selatan jurusan Surabaya-Gubeng. KA Mutiara Selatan sendiri berangkat dari Bandung dan tiba di Surabaya pukul 05.30 WIB. Berangkat lagi dari Surabaya ke Bandung pukul 19.00 WIB.

Diantara pukul 05.30 WIB dan 19.00 WIB itu lah gerbong KA Mutiara Selatan menganggur. Gerbong itulah yang digunakan untuk KA Singosari Ekspress. Kereta baru ini mempunyai jadwal berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pada jam 09.55 WIB dan tiba di Stasiun Malang pada jam 12.01 WIB serta kembali berangkat dari Stasiun Malang pada jam 13.15 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pada jam 15.14 WIB

"Rangkaian KA Singosari Ekspress terdiri dari lima kereta kelas bisnis dengan jumlah tempat duduk sebanyak 320 tempat duduk. Harga tiket KA Singosari Ekspress ini sebesar Rp 40 ribu," lanjut Gatut.

Gatut menambahkan, dalam perjalanannya, KA Singosari Ekspress dengan tujuan Surabaya Gubeng-Malang akan berhenti di Wonokromo, Sidoarjo, Bangil, Lawang. Sementara untuk jurusan Malang-Surabaya Gubeng akan berhenti di Stasiun Lawang, Bangil, Sidoarjo, dan Wonokromo.

"Masyarakat yang ingin memesan tiket KA Singosari Ekspress bisa memesan di loket Stasiun ataupun berbagai channel eksternal pemesanan tiket KA resmi," tandas Gatut.


(iwd/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed