DetikNews
Senin 16 November 2015, 18:40 WIB

Republik Belarus Buka Kantor Konsul Kehormatan di Surabaya

Rois Jajeli - detikNews
Republik Belarus Buka Kantor Konsul Kehormatan di Surabaya Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Negara pecahan uni soviet Belarusia membuka kantor konsulat kehormatan di Kota Surabaya. Pembukaan konsul kehormatan ini untuk meningkatkan hubungan antara Republik Belarus dengan Republik Indonesia, termasuk Jawa Timur. Baik di bidang perdagangan, pendidikan hingga pariwisata.

"Jawa Timur adalah salah satu tolak ukur perdagangan Indonesia. Hubungan ekonomi antara Belarus dengan Indonesia cukup tinggi misalnya perdagangan potasium untuk Petrokimia Gresik," ujar Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Belarus untuk Indonesia Vladimir Lopato Zagorsky di kantor Konsul Kehormatan Belarusia di Jalan Basuki Rahmat 149 Surabaya, Senin (16/11/2015).

Ia mengatakan, selain perdagangan, dengan dibukanya kantor konsul kehormatan juga bisa menjamah hubungan kerjasama di bidang pendidikan, misalnya pertukaran pelajar Indonesia dengan Belarus.

"Saya juga pernah menyampaikan ke Pak Gubernur (Gubernur Jawa Timur Soekarwo) bahwa Belarus bisa menjadi batu loncatan ekspor ikan dari Indonesia untuk Euro-Asian," terangnya sambil menambahkan, selain kerjasama potasium untuk industri pupuk, juga bisa bekerjasama di bidang kendaraan alat berat, perakitan bus.

Neraca perdagangan antara Indonesia dengan Belarusia masih didominasi potasium untuk Petrokimia Gresik yang mencapai sekitar 90 persen dari total nilai perdagangan 220 juta dolar amerika.

"Varian produk dari Indonesia cukup banyak tapi nilainya belum besar seperti sayur-sayuran, buah-buahan, cengkeh, furniture, instrumen alat musik (produksi dari Pasuruan), pecah belah alat makanan," jelasnya.

Dengan hadirnya Kantor Perwakilan Konsul Kehormatan Republik Belarusia di Surabaya, dapat membantu masyarakat Surabaya dan Jawa Timur tidak perlu jauh-jauh mengurus visa ke kantor dubes Belarusia. Cukup diserahkan di kantor perwakailan konsul kehormatan di Surabaya.

"Visa nanti pengesahannya di Jakarta. Pengajuan visa bisa dikirim dari konsul, tidak perlu ke Jakarta," jelasnya.

Kantor Konsul Kehormatan Belarusia di Surabaya ini merupakan yang pertama kali di Indonesia. Darmawan Utomo yang ditunjuk sebagai Konsul Kehormatan Belarusia mengatakan, akan melakukan pemetaan potensi dan peluang yang ada di Jawa Timur.

"Mungkin dalam waktu dekat kita akan menggelar pameran yang produknya bisa dari sini (Jawa Timur) dengan yang dari sana (Belarusia)," ujar Darmawan.

"Kita masih melakukan pemetaan investasi apa yang sama-sama menguntungkan untuk kedua negara. Potensi pariwisata travel. Di Belarusia nggak punya pantai yang ada danau yang bening airnya, hutannya indah. Kalau di sini kan banyak potensi wisata pantai yang bisa kita tawarkan ke masyarakat Belarusia," tandasnya.
(roi/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed