Kebakaran KPU Surabaya Disebabkan Hair Dryer Korslet

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Jumat, 06 Nov 2015 20:58 WIB
Foto: Imam Wahyudiyanta
Surabaya - Kebakaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya di Jalan Adityawarman disebabkan alat pengering rambut (hair dryer) yang lupa dimatikan. Hair dryer tersebut korslet dan memercikkan api.

"Pukul 16.00 WIB, pak Purnomo mengeringkan baju menggunakan hair dryer. Tapi setelah itu lupa nggak dicopot dari stop kontak nya," kata Kapolrestabes Surabaya Kombespol Yan Fitri Halimansyah kepada wartawan di lokasi, Jumat (6/11/2015).

Hair dryer tersebut kemudian korslet. Korsleting tersebut memercikkan api yang membakar sajadah. Api dari sajadah merambat ke lemari pakaian yang kemudian merambat ke jendela.

Dari jendela, api menjilat korden yang terbuat dari plastik. Plastik tersebut terbakar dan meleleh. Api yang membakar korden jendela kemudian terlihat oleh pegawai KPU yang segera meneruskan ke petugas PMK.

"Kalau ledakan tidak ada. Kalau letupan mungkin iya karena dinamo yang terbakar dalam gulungan," ujar Yan Fitri.

Yan Fitri menambahkan bahwa pihaknya dengan segera akan membereskan dan membersihkan lokasi. "Segera kami bersihkan agar KPU bisa bekerja lagi. Tidak ada unsur kesengajaan. Hanya kelalaian saja," tandas Yan Fitri. (iwd/fat)