DetikNews
Senin 22 Juni 2015, 18:13 WIB

Waspada Rhodamine B, Pemkot Kediri Sidak Penjual Takjil

Andhika Dwi - detikNews
Waspada Rhodamine B, Pemkot Kediri Sidak Penjual Takjil Foto: Andhika Dwi
Kediri - Selama ramadan, banyak sekali penjual makanan dan minuman dadakan. Mereka menyediakan berbagai macam takjil bagi warga. Namun sebagian makanan yang dijual diduga mengandung rhodamine B atau zat pewarna berbahaya.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Pemkot Kediri dan Dinas Kesehatan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Kediri melakukan sidak.

"Tes ini dilakukan di penjual takjil, bertujuan untuk mencegah adanya kandungan bahan berbahaya pada takjil dan makanan yang dijual pedagang," kata Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar didampingi polisi dan Satpol PP, Senin (22/6/2015).

Mereka memeriksa hampir ke seluruh penjual takjil yang menggelar lapak dagangannya. Mulai penjual lauk, aneka sayur, ikan bakar, rawon, penjual pentol, gorengan dan mie goreng hingga penjual sirup tak luput dari pemeriksaan.

Sementara Kepala Seksi Kefarmasian dan Perbekalan Dinkes Kota Kediri, Alfan Sugianto mengaku hasil pemeriksaan 8 jenis makanan dan minuman sementara, ada 4 bahan berbahaya yang diperiksa.

Yakni sirup merah, metanil yellow berbahan kuning di sirup dan makanan minuman kuning, formalin di mie basah dan boraks yang biasa terdapat di pentol.

"Ini tadi di sirup merah ada kemungkinan rhodamine B, tapi masih memerlukan penelitian lab lebih lanjut. Jadi masih belum pasti," tegas Alfan.

Sementara itu Pemkot Kediri akan terus memeriksa penjual takjil tersebut, apalagi jumlahnya makin banyak.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed