DetikNews
Selasa 28 April 2015, 15:32 WIB

Wisatawan Ijen Mendengar Suara Gemuruh Gunung Raung

- detikNews
Wisatawan Ijen Mendengar Suara Gemuruh Gunung Raung Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Aktivitas vulkanik Gunung Raung, Banyuwangi terdengar wisatawan asing yang mendaki puncak Ijen, Banyuwangi. Mereka sempat panik. Pemicunya, gemuruh Gunung Raung terasa mengerikan, mirip petir dan berulang-ulang. Kondisi ini dirasakan wisatawan asing di puncak Ijen, sejak Minggu (26/04) hingga hari ini.

"Gemuruh Gunung Raung memang mengerikan. Suaranya mirip petir dan terdengar jelas sampai di puncak Ijen," kata Yudi, salah satu guide di puncak Ijen kepada detikcom, Selasa (28/4/2015).

Saat di puncak, gemuruh dari vulkanik Gunung Raung membuat kaget wisatawan. Bahkan, mereka dilanda kepanikan. Dentuman dari Raung ini, kata dia, terjadi setiap 30 menit. Aktivitas Gunung Raung ini menurutnya hanya suara, sedangkan semburan abu vulkanik masih belum ada.

"Suaranya benar-benar keras dan mengerikan," tegasnya.

Sementara Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Eka Muharam menjelaskan laporan dari Pos Pengamat Gunung Raung masih berstatus waspada. Karena masih berstatus waspada, jelas dia, kondisi ini dianggap belum membahayakan warga.

"Memang ada suara gemuruh, namun belum ada peningkatkan status waspada, Jadi tindakannya sesuai status tersebut," jelas kepada detikcom via seluler.

Gunung Raung dengan ketinggian 3.332 mdpl dinyatakan meletus sejak Februari 2015. Namun, aktivitas vulkanik ini tak sampai meluber ke luar kawah. Sebab, luas kaldera Gunung Raung mencapai 1 km lebih. Dampaknya, warga di sekitar gunung hanya mendengarkan suara gemuruh terus menerus.

  • Wisatawan Ijen Mendengar Suara Gemuruh Gunung Raung
    Foto: Ardian Fanani
  • Wisatawan Ijen Mendengar Suara Gemuruh Gunung Raung
    Foto: Ardian Fanani

(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed