Pantau Banjir di Bandung, Menteri Yuddy: Saya Diutus Jokowi

- detikNews
Minggu, 21 Des 2014 19:24 WIB
Bandung - Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandy bersama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan memantau banjir di Kampung Cieunteung, Kelurahan Baleendah, Kabupaten Bandung, Minggu sore (21/12/2014). Kepada korban banjir, Yuddy mengaku diutus Presiden Joko Widodo untuk datang.

"Dugikeun ka nu sanes nyak pak, abdi dongkap ka dieu diutus langsung presiden, pak Jokowi (sampaikan pada yang lain, saya datang ke sini diutus langsung presiden)," ujar Yuddy saat didekati salahsatu korban banjir usai memantau Kampung Cieunteung naik perahu.

Kepada wartawan, Yuddy menyatakan Presiden Jokowi menyampaikan keprihatiannyan kepada para korban banjir di tiga kecamatan di Kabupaten Bandung. "Kebetulan pak presiden sedang ke luar kota, jadi beliau mengutus saya ke sini untuk memantau langsung," ujar Yuddy.

Menurut Yuddy, hal yang menjadi perhatian Jokowi adalah tanggap darurat bagi para korban banjir. "Pastikan dulu mereka jauh dari bahaya, karena ini kan pinggir sungai, pasokan makanannya, dan juga kesehatannya," katanya.

Selanjutnya untuk jangka panjang, ia sudah berkoordinasi dengan pemprov Jabar dan Pemkab Bandung untuk mengatasi bencana banjir yang sudah menjadi langganan setiap tahun di tiga kecamatan tersebut.

"Saya tadi memantau sampai ke pemukiman yang terendam banjir paling dalam, sampai yang tidak ada penghuninya. Ini untuk menjadi pembahasan nanti bersama. Karena banjir ini kan terus menerus berulang setiap tahun sejak 1990," jelas Yuddy.

Di tempat yang sama, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyatakan roadmap untuk mengatasi banjir di Kabupaten Bandung sudah ada. Namun dibutuhkan campur tangan pemerintah pusat karena ini menyangkut lintas sektoral.

"Tidak bisa kita hanya membereskan hilirnya, namun hulunya dibiarkan. Meski pun di sini dibenahi, kalau di hulunya tidak ya percuma. Jadi dari hulu hingga hilir harus sama-sama dibenahi," katanya.



(ern/ern)