Diskotik dan Klub Malam yang Direkomendasikan Polisi Tutup Jam 12 Malam

- detikNews
Selasa, 07 Jan 2014 12:17 WIB
Bandung - Polisi merekomendasikan tempat hiburan di Kota Bandung menghentikan aktivitasnya pada jam 12 malam. Polrestabes Bandung sudah memetakan jenis tempat hiburan yang perlu dibatasi jam operasionalnya. Apa saja?

Kabag Ops Polrestabes Bandung AKBP Diki Budiman menyebutkan rekomendasi pembatasan jam operasional itu berlaku bagi tempat hiburan yang menjual minuman keras (miras).

"Tempat hiburan dimaksud yakni diskotik, pub, karaoke, bar, kafe resto yang menampilkan live musik, dan tempat-tempat sejenis," ucap Diki kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Selasa (7/1/2014).

Di Kota Bandung ada sekitar 300-an tempat hiburan yang meliputi antara lain panti pijat, spa, pub, diskotik, klab malam, karaoke, dan biliar. "Kami segera berkoordinasi dengan Pemkot Bandung perihal rekomendasi pembatasan jam operasional tempat hiburan," tutur Diki.

Polda Jabar merekomendasikan pembatasan jam operasional tempat hiburan malam di Kota Bandung. Secara lisan, Kapolda Jabar Irjen Pol Mochamad Iriawan sudah menyampaikannya kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

"Alasannya yaitu agar pengamanan polisi di wilayah bisa melebar ke tempat lain. Jadi tak fokus di tempat satu keramaian saja seperti tempat hiburan malam," ucap Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul saat dikonfirmasi, Selasa (7/1/2014).

Keberadaan tempat hiburan dinilai sarat mudaratnya semisal jadi ajang mabuk-mabukan, serta memicu gangguan keamanan dan ketertiban. Tempat hiburan juga rawan konflik yang berujung selisih paham dan keributan. Selain itu rawan aksi kejahatan. Kasus terbaru insiden pembacokan Kapolsek Astanaanyar Kompol Sutorih oleh pria mabuk di area Karaoke Anggun.

Martin tak menampik pemangkasan jam operasional tempat hiburan di Bandung berkaitan dengan kasus pembacokan pejabat polisi yang bertugas di wilayah hukum Polrestabes Bandung tersebut.

"Rekomendasi itu muncul salah satunya dari momen kejadian pembacokan Kapolsek Astanaanyar," ujar Martin.

Saat ini perda yang mengatur jam operasional tempat hiburan, yakni Perda No 07 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan.

Dalam Perda tersebut mengatur jam operasional tempat hiburan yang terbagi berdasarkan jenis tempat hiburan itu sendiri.

Untuk rumah billiar buka mulai pukul 10.00-02.00, kolam renang 06.00-21.00 WIB, ice skating 08.00-21.00 WIB, permainan anak 10.00-21.00 WIB, klab malam 20-03.00 WIB, diskotik 20.00-03.00 WIB, pub 20.00-0300 WIB, panti pijat 22.00-23.00 WIB

(bbn/ern)