Rencanakan Pernikahan Bersama Wedding Organizer

Rencanakan Pernikahan Bersama Wedding Organizer

- detikNews
Sabtu, 04 Jul 2009 11:35 WIB
Bandung - Siapapun pasti setuju pernikahan adalah sekali seumur hidup. Tentunya diperlukan perencanaan yang matang menuju hari bahagia ini. Jika memang tak punya cukup waktu untuk mempersiapkan, menyerahkan tugas ini pada wedding organizer (WO) atau wedding planer (WP) adalah pilihan yang tepat.

Tidaklah sulit saat ini memilih WO atau WP. Makin banyaknya penyedia jasa di bidang ini memungkinkan calon pengantin lebih leluasa mencari yang sesuai dengan hati.

Tidak semua WO memiliki konsep yang sama. Ada WO yang tidak hanya berperan sebagai pengatur acara tapi juga menyediakan seluruh kebutuhan pernikahan dari mulai rias pengantin sampai catering. Namun di lain pihak ada WO yang hanya menyediakan jasa sebagai perencana, sedangkan kebutuhan lainnya bekerjasama dengan berbagai vendor pernikahan.

Sarahfie Wedding Organizer misalnya, salah satu WO yang bisa dibilang menyediakan paket lengkap. Menurut pemiliknya Pipit Nurindah (38) Sarahfie sebenarnya bukan hanya WO tapi bisa disebut Wedding Package.

"Kita menjual dari A sampai Z semua kebutuhan pernikahan dari dekorasi, rias pengantin, katering sampai jadwal acara di hari H," ujar Pipit saat ditemui dalam pameran pernikahan tradisional Lintas Warna di Pusdai yang dibuka Jumat, (3/7/2009) dan berakhir Minggu (5/7/2009).

Dengan begitu menurut Pipit calon pengantin bisa memilih langsung apa saja yang dibutuhkan sesuai dengan konsep pernikahan yang mereka inginkan. Mereka tidak perlu lagi mencari-cari ke tempat lain karena semua kebutuhan sudah disediakan. Calon pengantin tinggal memilih saja paket pesat pernikahan mana yang akan dipilih dan sesuai dengan keuangan mereka.

Sarahfie menyediakan empat paket pernikahan dari harga Rp 40 juta-Rp 90 juta. Perbedaan setiap paket disesuaikan dengan fasilitas yang diinginkan oleh calon pengantin. Apakah dari jenis makanan, dekorasi, foto atau rias pengantin.

Menurut Pipit harga yang disediakannya terbilang murah jika dibandingkan dengan WO-WO yang bekerjasama dengan vendor lain. Tersedianya berbagai kebutuhan pernikahan di Sarahfie memungkinkan biaya bisa ditekan.

"Kita bisa tawar menawar harga tergantung fasilitasnya apa," ujarnya.

Lain Lagi dengan Kinanti Wedding Planner. Menurut pengelola Cussi D Lesmana (33) Kinanti Wedding Planner tidak mematok paket-paket pernikahan untuk ditawarkan pada calon pengantin. Pihaknya memberikan pilihan pada klien untuk memilih sesuai dengan karakter masing-masing.

"Pesta itu sifatnya personal. Kita sesuaikan dengan karakter pengantin biarkan mereka yang memilih. Kita fleksibel saja berdasarkan budget yang klien miliki," ujar Cussi.

Menurut Cussi, WP berperan untuk merencanakan dari awal sampai memberikan rekomendasi vendor-vendor yang ada untuk memenuhi konsep pernikahan yang diinginkan. Pihaknya sudah memiliki kerjasama dengan berbagai vendor dan tinggal mengkomunikasikan keinginan setiap kliennya pada vendor bersangkutan.

Selain itu, WP juga berperan sebagai financial adviser. Berapapun budget yang klien miliki akan dipetakan sesuai dengan vendor-vendor yang dibutuhkan berikut harga yang sesuai dengan budget tersebut. "Berapapun biayanya akan kita jalani," tuturnya.

Dalam memetakan harga setiap vendor, ujar Cussi, pihaknya terbuka kepada klien. Sebaliknya klien dituntut untuk terbuka dengan keadaan keuangannya agar tidak terjadi sesuatu hal di kemudian hari.

Klien pun tidak perlu lagi memikirkan biaya jasa karena biaya jasa sudah termasuk ke dalam budget klien. "Jadi jika biaya pernikahan Rp 100 juta, biaya jasa kita sudah termasuk di situ," ujarnya. Bahkan tambah Cussi keuntungan potongan harga dari vendor malah bisa dikembalikan pada klien.

Untuk biaya jasa sebagai wedding planner tarifnya sebesar Rp 8 juta. Selain sebagai wedding planner juga menyediakan jasa sebagai wedding organizer yang hanya mengorganisir acara untuk hari H, biaya yang dikenakan Rp 5 juta.

Bagaimana, sudah bisa menentukan pilihan? Idealnya, enam bulan sebelum hari H, anda sudah menghubungi WO pilihan. Selamat merencanakan hari bahagia anda.

(ema/ema)