Detik.com News
Detik.com
Minggu, 12/01/2014 17:44 WIB

Hati-hati, Ratusan Pohon Tua di Bandung Rawan Tumbang

Baban Gandapurnama - detikNews
Hati-hati, Ratusan Pohon Tua di Bandung Rawan Tumbang
Bandung - Dinas Pertamanan dan Pemakaman (Distamkam) Kota Bandung mendata ada ratusan pohon berusia uzur yang rawan tumbang. Pohon ragam jenis itu tersebar di Kota Bandung. Mengingat musim hujan disertai angin kencang, masyarakat diminta mewaspadai pohon besar yang dikhawatirkan tumbang.

"Di Bandung banyak pohon berbatang besar berusia 40 hingga 50 tahun. Jumlahnya sekitar 400 pohon. Memang perlu diwaspadai itu pohon-pohon berumur tua. Namanya hujan angin, tentu saja 'kan khawatir tumbang," kata Kadistamkam Kota Bandung Arief Prasetya saat dihubungi via telepon, Minggu (12/1/2014).

Menurut Arief, sederet pohon tua yang menghiasi Kota Bandung antara lain jenis mahoni dan angsana. Guna mengantisipasi pohon berpotensi tumbang serta dahan patah, Arief mengerahkan empat grup yang setiap harinya memonitor kondisi fisik pohon. Satu grup terdiri dari 8 hingga 12 orang.

"Pohon-pohon di Kota Bandung terus kami survei. Kalau ditemukan pohon yang sekiranya membahayakan, langsung diantisipasi petugas agar aman. Biasanya, petugas piket monitoring dengan menyebar ke semua wilayah. Di antaranya pusat kota," tutur Arief.

Pohon besar patut diwaspadai tidak aman atau membahayakan itu seperti dahannya yang mati padahal pohonnya sehat, serta pohon batangnya bolong. Menurut Arief, faktor penyebab pohon tumbang antara lain kondisi pohon busuk, batang rapuh, dan cuaca ekstrem. "Petugas juga mengurangi atau memangkas daun lebat yang menjadi beban pohon. Karena saat ini musim hujan serta angin kencang, pemangkasan daun harus dilakukan," ucapnya.

Potensi patah dan tumbang pohon bisa saja terjadi tanpa diprediksi. Maka itu, sambung Arief, masyarakat diminta tetap waspada dan menjaga keselamatan jiwa serta harta benda. "Waktu hujan dan angin kencang, sebaiknya masyarakat menghindari pohon-pohon besar. Jangan berteduh dan memarkirkan kendaraan di bawah pohon," ujar Arief.

Dua hari berturut-turut, 9-10 Januari lalu, puluhan pohon berbagai jenis tumbang di sejumlah lokasi di Kota Bandung. Akibatnya, beberapa mobil tertimpa pohon tumbang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(bbn/bbn)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 26/03/2015 12:35 WIB
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut Jumlah pengguna jaminan kesehatan nasional melonjak tajam pada tahun pertama penyelenggaraannya. Akibatnya, kondisi keuangan BPJS Kesehatan defisit. Klaim membengkak, lebih besar daripada premi yang diterima.
ProKontra Index »

Tolak APBD DKI 2015, Parpol Lembek dan Mengecewakan

DPRD DKI menolak penggunaan APBD DKI 2015 setelah tak mau membahasnya lewat rapat Badan Anggaran. Tokoh antikorupsi Buya Syafii Maarif mengatakan sikap partai lembek dan mengecewakan. "Mereka menolak isu anggaran siluman tetapi mendukung atau tidak menarik diri dari Hak Angket. Padahal, Ahok diangket karena jelas menolak anggaran siluman itu," kata Buya Syafii. Bila Anda setuju pendapat Buya Syafii, pilih Pro!
Pro
100%
Kontra
0%