detikcom
Jumat, 30/08/2013 18:00 WIB

PR Ridwan Kamil Tuntaskan Masalah PKL di Kawasan 7 Titik

Avitia Nurmatari - detikNews
PKL Masjid Agung (dok.detikcom)
Bandung - 'Anda memasuki kawasan 7 titik'. Pernah membaca tulisan tersebut? Iya, Kota Bandung memang memiliki fokus wilayah yang seharusnya menjadi percontohan pelaksanaan ketertiban, kebersihan dan keindahan (K3). Jalan yang termasuk ke dalam kawasan 7 titik itu yakni Kawasan Alun-Alun, Jalan Otto Iskandardinata, Jalan Dalem Kaum, Jalan Kepatihan, Jalan Dewi Sartika, Jalan Asia Afrika dan Jalan Merdeka.

Dirunut dari atas yakni Jalan Merdeka, salah satu kawasan pusat perbelanjaan di Bandung tersebut nyatanya dipenuhi PKL. Setiap menjelang sore, di pinggir jalan, terutama di depan pusat perbelanjaan kerap dihinggapi PKL. Mulai dari yang berjualan aksesori, DVD bajakan, hingga hewan-hewan liar. Semakin sore, kawasan itu semakin padat karena banyaknya pejalan kaki dan angkutan umum yang mangkal di pinggir jalan. Akibatnya kemacetan pun tak terbendung.

Jalan lainnya yakni Jalan Otto Iskandardinata yang tersohor karena keberadaan Pasar Baru. Rasanya sudah tak terhitung berapa kali Pemkot melakukan penertiban di kawasan tersebut. Selain penertiban PKL, parkir liar di kawasan tersebut kerap membuat jalanan macet. Trotoar juga sudah tidak bisa lagi leluasa dipakai pejalan kaki, karena dipadati oleh PKL.

Yang paling menjadi sorotan, yakni kawasan Alun-alun, Jalan Dalem Kaum, Jalan Dewi Sartika dan Jalan Kepatihan. Kempat lokasi tersebut letaknya berdekatan. Masing-masing lokasi seolah sudah menjadi lapak permanen bagi para PKL. Rencana Pemkot Bandung untuk merelokasi mereka pun hanya sebatas wacana karena hingga saat ini belum terealisasi.

Upaya penertiban memang sudah kerap dilakukan. Upaya komunikasi dengan para PKL juga sering dilakukan dalam rapat-rapat khusus. Namun hingga saat ini belum menemukan titik temu menyelesaikan masalah PKL di Kota Bandung. Terbukti PKL dan petugas masih terus kucing-kucingan.

Itu baru di kawasan 7 titik. Sementara di kawasan lain juga banyak PKL-PKL yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Seperti di kawasan Cicadas, Simpang Dago, Cihampelas dan kawasan lainnya.

Tanggal 16 September 2013 nanti, Bandung akan memiliki pemimpin baru. Wali Kota terpilih dan Wakil Wali Kota terpilih yakni Ridwan Kamil dan Oded M Danial adalah harapan baru bagi warga Bandung untuk menyelesaikan maslah di Kota Bandung. Sanggupkah pria yang akrab disapa Kang Emil ini membereskan PKL?



Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(avi/avi)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
69%
Kontra
31%
MustRead close