detikcom
Rabu, 19/06/2013 11:02 WIB

SBMPTN 2013, Jurusan Bahasa Sunda di Unpad & UPI Naik Pamor

Tya Eka Yulianti - detikNews
Bandung - Peminat jurusan atau program studi Bahasa Sunda meningkat signifikan pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013. Dua PTN di Bandung, Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), mencatat peningkatan peminat mencapai dua hingga tiga kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Ada fenomena cukup menarik di Unpad. Jurusan Bahasa Sunda yang lima hingga sepuluh lalu sepi peminatnya, sekarang ini terlihat terus meningkat. Jurusan ini bukan dijadikan pilihan cadangan (kedua-red), tapi pilihan pertama loh," ujar Rektor Unpad Ganjar Kurnia, Selasa (19/6/2013).

Jumlah peminat jurusan Bahasa Sunda di Unpad pada SBMPTN 2013 yaitu 1.431 orang, yang berebut untuk 100 kursi tersedia. Sementara pada 2012 lalu, peminat Bahasa Sunda tercatat 380 orang untuk jatah kursi yang sama. Naiknya pamor jurusan Bahasa Sunda menurut Ganjar karena kesadaran masyarakat yang makin tinggi untuk melestarikan budaya daerah.

"Sekarang ini tingkat persaingannya sangat ketat untuk jurusan Bahasa Sunda. Kami sendiri tidak menyangka," katanya.

UPI pun mencatat kenaikan signifikan untuk jurusan Pendidikan Bahasa Daerah (Bahasa Sunda-red). Pada 2012 lalu, peminat jurusan ini hanya sekitar 250 orang, tapi 2013 ini jumlahnya meningkat jadi 463 orang.

"Mereka berebut untuk sekitar 80 kursi mahasiswa di jurusan itu," kata Furqon yang menjabat Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Hubungan Internasional UPI.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(tya/bbn)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%
MustRead close