detikcom
Sabtu, 08/06/2013 20:24 WIB

Pilwalkot Bandung

Ridwan Kamil Mengemas Merchandise Jadi '1M 4 BDG'

Baban Gandapurnama - detikNews
Bandung - Cawalkot Bandung Ridwan Kamil mengulirkan program bertajuk '1M 4 BDG'. Kandidat nomor urut empat ini mengemas merchandise dalam merangsang program tersebut . Konsep utama kegiatannya yakni mengajak warga mengumpulkan dana Rp 1 miliar yang bakal digunakan bebenah Kota Bandung.

"Penggalangan dana dari merchandise itu sesuatu yang biasa. Tapi menjadi luar biasa kalau hasil penjualannya diberikan untuk kepentingan umum warga Kota Bandung," jelas Ridwan.

Ridwan menyampaikannya sewaktu launching official merchandise di Warung Laos, Jalan Golf Raya (Dago Pakar), Kota Bandung, Sabtu (8/6/2013). Acara tersebut dimeriahkan penampilan musisi rap Ebieth Beat A.

Ridwan yang memanfaatkan masa kampanye Pilwalkot Bandung 2013, menilai kegiatan seperti ini merupakan spirit menjadikan Bandung sebagai trademark soal urusan kreatifitas. Ia menegaskan, uang hasil penjualan merchandise berupa sejumlah kaus itu tidak seperser pun masuk kantong pribadinya.

"Jadi '1M 4 BDG' itu maksudnya mengumpulkan dana satu miliar rupiah untuk Bandung. Hasil penjualan merchandise nantinya digunakan untuk perbaikan jalan, memperbanyak gerobak sampah, perpustakaan keliling, penjernihan air bersih, dan lain sebagainya," tutur Ridwan.

Salah satu kaus berlabel 'I Love Bandung Love Me' diracik desainer Mahanagari Bandung yakni Hanafi. Ridwan menerangkan, merchandise dijual secara langsung, kerjasama dengan komunitas-komunitas, dan pembelian via online. Ada tiga paket siap dipasarkan yaitu Paket Peduli seharga Rp 44 ribu, Paket Cinta senilai Rp 144 ribu, dan Paket Juara dibanderol Rp 1 juta.

"Ada lima desain kaus. Pola penjualan salah satunya memanfaatkan Twitter. Dana yang terkumpul dari hasil penjualan disiapkan untuk memperbaiki segala permasalahan di Kota Bandung," jelas Ben Wirawan, selaku Deputi Kampanye Kreatif Pasangan Ridwan Kamil-Oded M Danial (Rido).



Ikuti berbagai peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 16.45 WIB

(bbn/bbn)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Harga BBM Harus Naik

Terbatasanya kuota BBM bersubsidi berimbas pada langkanya BBM di sejumlah SPBU plus antrean panjang kendaraan. Presiden terpilih Jokowi mengusulkan pada Presiden SBY agar harga BBM dinaikkan. Jokowi mengatakan subsidi BBM itu harus dialihkan pada usaha produktif, ditampung di desa, UMKM, nelayan. Menurutnya anggaran subsidi jangan sampai untuk hal-hal konsumtif seperti mobil-mobil pribadi. Bila Anda setuju dengan Jokowi bahwa harga BBM harus naik, pilih Pro!
Pro
45%
Kontra
55%