detikcom
Senin, 06/05/2013 13:50 WIB

Buntut Perusakan di Tasikmalaya, Polisi Jaga 8 Masjid Ahmadiyah di Bandung

Avitia Nurmatari - detikNews
Bandung - Polrestabes Bandung bersiaga di delapan masjid Ahmadiyah yang ada di Kota Bandung. Penjagaan tersebut buntut dari penyerangan terhadap rumah dan masjid besar milik jemaat Ahmadiyah di Tasikmalaya, Jawa Barat, oleh sejumlah orang tak dikenal pada Minggu (5/5/2013) kemarin.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Abdul Rakhman Baso mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengawasan kepada masjid Ahmadiyah jauh-jauh hari sebelum ada insiden di Tasikmalaya.

"Kita setiap hari mengawasi dengan melakukan patroli beberapa kali ke masjid Ahmadiyah," jelasnya saat ditemui di lapangan Gasibu Bandung, usai gelar latihan pra operasi praja pakuan 2013 guna pengamanan pilwalot, Senin (6/5/2013).

Abdul mengaku selama ini pihaknya selalu menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pihak yang kontra dengan keberadaan Jemaah Ahmadiyah.

"Selama ini kita jajaran Polrestabes Bandung menjalin komunikasi dengan pihak-pihak yang mungkin kontra dengan keberadaan Ahmadiyah. Kita duduk bersama, jangan gunakan emosi, karena dengan emosi tidak akan menyelesaikan masalah, malah buat masalah baru," jelasnya.

Selain itu, polisi juga selalu patroli untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan terkait Jemaah Ahmadiyah dan menempatkan personel pada hari hari jumat.

"Kita lihat dinamikanya. Yang jelas kalau hari biasa, kita lebih banyak patroli," tandas Abdul.

Minggu dini hari, Masjid Ahmadiyah di Kampung Babakan Sindang Desa Cipakat Kecamatan Singaparna Tasikmalaya dirusak dan dibakar massa tak dikenal. Massa membakar sejumlah barang seperti sajadah dan kitab yang disimpan dalam masjid serta bagian bangunan masjid.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 12.45 WIB

(avi/ern)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
69%
Kontra
31%